Tulisan berjalan

"Selamat Datang di https://tasihat197.blogspot.com/"

6 November 2013

Awal PKP ts



JUDUL
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM OPERASI  PENJULAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF 
PADA  PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 9 BETUNG
Disusun untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
PDGK 4501
Program S1 PGSD

Oleh :
Tasihat Aman Jaya
            NIM       820198861
            Pokjar     Betung

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ-UT PALEMBANG
2013.2







LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nama Mahasiswa                                : Tasihat Aman Jaya
NIM                                                    : 820198861
Program Studi                                     : SI PGSD
Tempat Mengajar                                : SDN 9 BETUNG
Jumlah Siklus Pembelajaran                : 3 Siklus
Hari dan Tanggal Pelaksanaan            :
-Pra siklus, Selasa,tanggal 17 September 2013
-Siklus 1, Selasa,tanggal 24 September 2013
-Siklus 2, Selasa,tanggal 08 Oktober 2013
Masalah yang merupakan Fokus Perbaikan:
1.      Meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Matematika
kelas VI SDN 9 Betung tentang Operasi Bilangan Bulat.
2.      Meningkatkan hasil belajar siswa dalam  pembelajaran Matematika
kelas VI SDN 9 Betung dengan menggunakan media interaktif
3.      Meningkatkan proses pembelajaran Matematika kelas VI SDN 9 Betung  tentang Operasi Bilangan Bulat dengan menggunakan media interaktif.

Menyetujui,                                                                 Betung, ….Oktober 2013
Supervisor 1,                                                               Mahasiswa,


Drs. Musdan, M.Si       .                                               Tasihat Aman Jaya
NIP 195912291982021004                                        NIM. 820198861







LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT
Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktik Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada Program Studi S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.
Apabila di kemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.


Betung,…Oktober 2013
Yang membuat pernyataan,

materai 6.000

Tasihat Aman Jaya
NIM. 820198861














KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-nya. Shalawat dan salam semoga dicurahkan kepada junjungan nabi kita nabi  Muhammad SAW, para sahabat, para tabi’in dan para penerus perjuangan mereka.
Atas karunia dan nikmat yang berlimpah ruah dari Allah SWT, penulis dapat menyelesaikan laporan ini untuk diajukan sebagai salah satu tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) pada program studi S1 PGSD Universitas Terbuka UPBJJ Palembang Pokjar Betung.
Penelitian dilakukan di SDN 9 Betung Kecamatan Betung Kabupaten banyuasin. Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) telah diupayakan dengan seoptimal mungkin, meskipun tidak menutup kemungkinan terdapat kekurangannya.
Laporan ini dapat terselesaikan berkat bantuan, bimbingan, pemberian motivasi dari semua pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada :
1. Drs. Musdan, M.Si. selaku pengelola Kelompok Belajar Jarak Jauh Pokjar
    Betung, sekaligus kepala UPTD Pendidikan PAUD –SD Kecamatan Betung
3. Bapak Drs. Musdan, M.Si  Selaku supervisor 1 yang telah membimbing dalam
    pembuatan laporan PKP.
6. Ibu Sujiah, S.Pd, selaku Kepala SDN 9 Betung Kecamatan Betung Kabupaten
    Banyuasin.
7. Bapak Rusmiyadi, S.Pd. selaku teman sejawat yang telah banyak membantu
   penulis.
 Oleh karena itu, tegur sapa yang bersifat membangun, Semoga Allah SWTsenantiasa membuka pintu magfirah-Nya, dan mudah-mudahan laporan ini ada manf’aatnya. Amiin.
………………… 2013
Penulis


DAFTAR ISI
      Judul                                                                                                 Halaman
Halaman Judul………………………………………………………            i
Lembaran Pengesaha………………………………………………..            ii
Lembar Pernyataan bebas Plagiat……………………………………           iii
Kata Pengantar………………………………………………………           iv
Daftar Isi…………………………………………………………….            v
Daftara Tabel…..……………………………………………………            vi
Daftara Gambar……………………………………………………..                        vi
Daftara Lampiran……………………………………………………            vi
Abstrak………………………………………………………………           viii
    I     PENDAHULUAN……………………………………………          1
A.    Latar Belakang Masalah
1.      Identifikasi masalah
2.      Analisis masalah
3.      Pemecahan masalah                                                          
B.     Rumusan Masalah                                                                   
C.     Tujuan Penelitian
D.    Manfaat Penelitian Perbaikan  Pembelajaran……….. .           4                                                         
    II    KAJIAN PUSTAKA………………………………………….         .5
A.    Pengertian Matematika menurut para ahli
B.     Pengertian Prestasi belajar
C.     Pengertian metode pembelajaran
D.    Pengertian media Interaktif
E.     Pengertian Bilangan Bulat

    III    PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN……..         9
A.    Subjek Penelitian                                                                    
B.     Deskripsi Per-siklus
    IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN……..……….        13
A.   Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
B.  Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
    V     KESIMPULAN DAN SARAN……..………………………..         16
A.     Kesimpulan
B.     Saran dan tindak lanjut
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………...       17




DAFTAR TABEL……………………………………………………       
1.      Jadwal Pelaksanaan Perbaikan  Pembelajaran………………            18
2.      Presentasi nilai pra siklus, siklus 1 dan 2……………………..          19




DAFTAR GAMBAR
1.      Gambar proses pembelajaran pra siklus….……………………         20
2.      Gambar proses pembelajaran siklus 1…………………………         21
3.      Gambar proses pembelajaran siklus 2…………………………         22
4.      Gambar grafik nilai Pra siklus, siklus 1 dan 2…………………         23




DAFTARA LAMPIRAN
  • 1.      Kesediaan sebagai Supervisor 2 dalam Penyelenggaraan PKP..        24
  • 2.      Surat Pernyataan supervisor 2…………………………………         25
  • 3.      Perencanaan Perbaikan pembelajaran Matematika……………         26
  • 4.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pra siklus………………..          28
  • 5.      Lembar Kerja Siswa..…………...……………………………..         31
  • 6.      Lembar Pengamatan Kinerja Guru .………...…………………        32
  • 7.      Lembar Observasi Peserta Didik dan grafik……………………       33
  • 8.      APKG 1………….……………………………………………..       35
  • 9.      APKG 2……….………………………………………………..       37

  • 1  0.  Rencana Perbaikan Pembelajaran siklus 1……………………..        41
  • 1  1.  Lembar Kerja Siswa siklus 1…………………………………..         43
  • 1  2.  Lembar Pengamatan Kinerja Guru siklus 1……………………        44
  • 1  3.  Lembar Observasi Peserta Didik siklus 1dan grafik ..…………        45
  • 1  4.    APKG 1 siklus 1………………………………………………..       47
  • 1  5.    APKG 2 siklus 1………………………………………………..       49
  • 1  6.    Rencana Perbaikan Pembelajaran siklus 2……………………..        53
  • 1  7.    Lembar Kerja Siswa siklus 2…………………………………..         56
  • 1  8.    Lembar Pengamatan Kinerja Guru siklus 2……………………        57
  • 1  9.    Lembar Observasi Peserta Didik siklus 2 dan grafik ………….        58
  • 2  0.    APKG 1 siklus 2………………………………………………..       60
  • 2  1.    APKG 2 siklus 2………………………………………………..       62
  • 2  2.  Rekapitulasi Nilai Pra Siklus, siklus 1 dan 2…………………,,,        66
  • 2  3.  Alat Peraga Pra Siklus ………………….………………………      67
  • 2  4.  Alat Peraga Siklus 1……….……………………………………       69
  • 2  5.  Alat Peraga Siklus 2.……………………………………………       70
  • 2  6.  Kartu Bimbingan Laporan PKP………………………………..        71
  • 2  7.  Jurnal Pembimbingan Supervisor 2 PKP………………………        72





ABSTRAK
Penelitian ini berjudul : Meningkatkan prestasi belajar Matematika operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan mengunakan media interaktif pada pesert didik kelas VI SDN 9 Betung
Penggunaan media interaktif diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan, Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Peningkatan prestasi belajar matematika dengan diterapkannya media  interaktif? (b) Bagaimanakah pengaruh media interaktif terhadap motivasi belajar siswa? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran interaktif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran interaktif.  Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus II yaitu, pra siklus  ( 27% ), siklus I (57%) dan siklus II  ( 90% ).  Ada eberapa hal sebaiknya dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kualitas dan aktivitas pembelajaran: 1. Dalam menjelaskan materi pembelajaran gunakan media 2. Dalam melaksanakan perbaikan pembelajaran perlu adanya kerja sama antar guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media interaktif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa.

Kata kunci: 
Pemahaman matematika, pejumlahan dan pengurangan bilangan bulat, media interaktif ( laptop dan proyektor ), peserta didik kelas 6 SDN 9 Betung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar