JUDUL
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA DALAM OPERASI PENJULAHAN DAN
PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF
PADA
PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 9 BETUNG
Disusun
untuk Memenuhi Tugas
Mata
Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
PDGK
4501
Program
S1 PGSD
Oleh :
Tasihat Aman Jaya
NIM 820198861
Pokjar Betung
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TERBUKA UPBJJ-UT
PALEMBANG
2013.2
LEMBAR
PENGESAHAN
LAPORAN HASIL
PERBAIKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Nama Mahasiswa :
Tasihat Aman Jaya
NIM :
820198861
Program Studi :
SI PGSD
Tempat Mengajar :
SDN 9 BETUNG
Jumlah Siklus Pembelajaran : 3 Siklus
Hari dan
Tanggal Pelaksanaan :
-Pra siklus, Selasa,tanggal
17 September 2013
-Siklus 1, Selasa,tanggal 24 September
2013
-Siklus 2, Selasa,tanggal 08 Oktober
2013
Masalah yang merupakan Fokus Perbaikan:
1.
Meningkatkan aktivitas siswa dalam proses
pembelajaran Matematika
kelas VI SDN 9
Betung tentang Operasi Bilangan Bulat.
2.
Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika
kelas VI SDN 9
Betung dengan menggunakan media interaktif
3.
Meningkatkan proses pembelajaran Matematika kelas
VI SDN 9 Betung tentang Operasi Bilangan
Bulat dengan menggunakan media interaktif.
Menyetujui, Betung,
….Oktober 2013
Supervisor 1, Mahasiswa,
Drs. Musdan, M.Si .
Tasihat
Aman Jaya
NIP 195912291982021004 NIM.
820198861
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT
Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktik Pemantapan
Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi mata
kuliah PKP pada Program Studi S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya
merupakan hasil karya saya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip
dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas
sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.
Apabila di kemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini
bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian
tertentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik
yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
Betung,…Oktober 2013
Yang membuat pernyataan,
materai 6.000
Tasihat Aman Jaya
NIM. 820198861
KATA PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-nya. Shalawat dan
salam semoga dicurahkan kepada junjungan nabi kita nabi Muhammad SAW, para sahabat, para tabi’in dan
para penerus perjuangan mereka.
Atas
karunia dan nikmat yang berlimpah ruah dari Allah SWT, penulis dapat
menyelesaikan laporan ini untuk diajukan sebagai salah satu tugas mata kuliah
Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) pada program studi S1 PGSD Universitas
Terbuka UPBJJ Palembang Pokjar Betung.
Penelitian
dilakukan di SDN 9 Betung Kecamatan Betung Kabupaten banyuasin. Laporan
Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) telah diupayakan dengan seoptimal
mungkin, meskipun tidak menutup kemungkinan terdapat kekurangannya.
Laporan
ini dapat terselesaikan berkat bantuan, bimbingan, pemberian motivasi dari
semua pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima
kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada :
1. Drs. Musdan,
M.Si. selaku pengelola Kelompok Belajar Jarak Jauh Pokjar
Betung, sekaligus kepala UPTD Pendidikan
PAUD –SD Kecamatan Betung
3. Bapak Drs. Musdan,
M.Si Selaku supervisor 1 yang telah
membimbing dalam
pembuatan laporan PKP.
6. Ibu Sujiah,
S.Pd, selaku Kepala SDN 9 Betung Kecamatan Betung Kabupaten
Banyuasin.
7. Bapak Rusmiyadi,
S.Pd. selaku teman sejawat yang telah banyak membantu
penulis.
Oleh karena itu, tegur sapa yang bersifat
membangun, Semoga Allah SWTsenantiasa membuka pintu magfirah-Nya, dan
mudah-mudahan laporan ini ada manf’aatnya. Amiin.
………………… 2013
Penulis
DAFTAR ISI
Judul Halaman
Halaman Judul……………………………………………………… i
Lembaran Pengesaha……………………………………………….. ii
Lembar Pernyataan bebas Plagiat…………………………………… iii
Kata Pengantar……………………………………………………… iv
Daftar Isi……………………………………………………………. v
Daftara Tabel…..…………………………………………………… vi
Daftara Gambar…………………………………………………….. vi
Daftara Lampiran…………………………………………………… vi
Abstrak……………………………………………………………… viii
I PENDAHULUAN…………………………………………… 1
A.
Latar Belakang Masalah
1.
Identifikasi
masalah
2.
Analisis
masalah
3.
Pemecahan
masalah
B.
Rumusan Masalah
C.
Tujuan
Penelitian
D.
Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran……….. . 4
II KAJIAN PUSTAKA…………………………………………. .5
A. Pengertian Matematika menurut para
ahli
B. Pengertian Prestasi belajar
C. Pengertian metode pembelajaran
D. Pengertian media Interaktif
E. Pengertian Bilangan Bulat
III PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN…….. 9
A.
Subjek Penelitian
B.
Deskripsi Per-siklus
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN……..………. 13
A. Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
B. Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
V KESIMPULAN DAN SARAN……..……………………….. 16
A.
Kesimpulan
B.
Saran dan tindak lanjut
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………... 17
DAFTAR TABEL……………………………………………………
1.
Jadwal
Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran……………… 18
2.
Presentasi
nilai pra siklus, siklus 1 dan 2…………………….. 19
DAFTAR GAMBAR
1.
Gambar proses pembelajaran pra siklus….…………………… 20
2.
Gambar proses pembelajaran siklus 1………………………… 21
3.
Gambar proses pembelajaran siklus 2………………………… 22
4.
Gambar grafik nilai Pra siklus, siklus 1 dan
2………………… 23
DAFTARA LAMPIRAN
- 1. Kesediaan sebagai Supervisor 2 dalam Penyelenggaraan PKP.. 24
- 2. Surat Pernyataan supervisor 2………………………………… 25
- 3. Perencanaan Perbaikan pembelajaran Matematika…………… 26
- 4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pra siklus……………….. 28
- 5. Lembar Kerja Siswa..…………...…………………………….. 31
- 6. Lembar Pengamatan Kinerja Guru .………...………………… 32
- 7. Lembar Observasi Peserta Didik dan grafik…………………… 33
- 8. APKG 1………….…………………………………………….. 35
- 9. APKG 2……….……………………………………………….. 37
- 1 0. Rencana Perbaikan Pembelajaran siklus 1…………………….. 41
- 1 1. Lembar Kerja Siswa siklus 1………………………………….. 43
- 1 2. Lembar Pengamatan Kinerja Guru siklus 1…………………… 44
- 1 3. Lembar Observasi Peserta Didik siklus 1dan grafik ..………… 45
- 1 4. APKG 1 siklus 1……………………………………………….. 47
- 1 5. APKG 2 siklus 1……………………………………………….. 49
- 1 6. Rencana Perbaikan Pembelajaran siklus 2…………………….. 53
- 1 7. Lembar Kerja Siswa siklus 2………………………………….. 56
- 1 8. Lembar Pengamatan Kinerja Guru siklus 2…………………… 57
- 1 9. Lembar Observasi Peserta Didik siklus 2 dan grafik …………. 58
- 2 0. APKG 1 siklus 2……………………………………………….. 60
- 2 1. APKG 2 siklus 2……………………………………………….. 62
- 2 2. Rekapitulasi Nilai Pra Siklus, siklus 1 dan 2…………………,,, 66
- 2 3. Alat Peraga Pra Siklus ………………….……………………… 67
- 2 4. Alat Peraga Siklus 1……….…………………………………… 69
- 2 5. Alat Peraga Siklus 2.…………………………………………… 70
- 2 6. Kartu Bimbingan Laporan PKP……………………………….. 71
- 2 7. Jurnal Pembimbingan Supervisor 2 PKP……………………… 72
ABSTRAK
Penelitian ini
berjudul : Meningkatkan prestasi
belajar Matematika operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan
mengunakan media interaktif pada pesert didik kelas VI SDN 9 Betung
Penggunaan
media interaktif diharapkan
dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam
proses belajar mengajar itu aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan,
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini
adalah: (a) Peningkatan prestasi belajar matematika dengan diterapkannya
media interaktif? (b) Bagaimanakah pengaruh media interaktif terhadap motivasi belajar
siswa? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui
peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran interaktif. (b) Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran interaktif. Dari
hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan
dari pra siklus sampai siklus II yaitu, pra siklus ( 27% ), siklus I (57%) dan siklus II (
90% ). Ada eberapa hal sebaiknya dilakukan
oleh guru dalam meningkatkan kualitas dan aktivitas pembelajaran: 1. Dalam
menjelaskan materi pembelajaran gunakan media 2. Dalam melaksanakan perbaikan pembelajaran perlu adanya
kerja sama antar guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan
media interaktif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi
belajar Siswa.
Kata
kunci:
Pemahaman matematika, pejumlahan dan
pengurangan bilangan bulat, media interaktif ( laptop dan proyektor
), peserta didik kelas 6 SDN 9 Betung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar