Tulisan berjalan

"Selamat Datang di https://tasihat197.blogspot.com/"

Kurikulum

Kurikulum / Standar isi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD.

31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

A.   Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik  untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global. 


Dengan  standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1.      peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya,
      serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa
      sendiri;
2.      guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan
      menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.      guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan
      kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.      orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan daan
      kesastraan di sekolah;
5.      sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan
      keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.      daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi
      dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.

B.     Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan
      emosional dan sosial
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti,
      serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia
      Indonesia.

C.    Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.    Mendengarkan
2.    Berbicara
3.    Membaca
4.     Menulis.
Pada akhir pendidikan di SD/MI, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan nonsastra.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami bunyi bahasa,
   perintah, dan  dongeng yang
   dilisankan

1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa  
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau
      petunjuk sederhana
1.3 Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
Berbicara
2.  Mengungkapkan pikiran,
    perasaan,  dan informasi,
    secara lisan dengan perkenalan  
    dan tegur sapa, pengenalan
    benda dan fungsi anggota
    tubuh,  dan deklamasi   


2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana
      dan bahasa yang santun
2.2 Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat
      sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
2.3 Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan  fungsi
      anggota tubuh dengan kalimat sederhana
2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi
      yang sesuai
Membaca
3. Memahami teks pendek
   dengan membaca nyaring  


3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang
      tepat
3.2 Membaca nyaring kalimat  sederhana dengan lafal dan
      intonasi yang tepat
Menulis
4. Menulis permulaan dengan
   menjiplak, menebalkan,
   melengkapi, dan menyalin  

4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
      bentuk huruf
4.2 Menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
      bentuk huruf
4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari
      buku atau papan tulis dengan benar
4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan
      gambar
4.5  Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas


Kelas I, Semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan
    tentang deskripsi benda-benda
    di sekitar dan dongeng  

5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar
5.2 Menyebutkan  isi dongeng
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran,
   perasaan, dan informasi secara
   lisan dengan gambar,
   percakapan sederhana, dan
   dongeng 


6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri
      sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
6.2 Melakukan percakapan  sederhana dengan
      menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah
      dikuasai
6.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka  tentang suatu
      hal atau kegiatan dengan alasan sederhana
6.4 Memerankan  tokoh  dongeng atau cerita rakyat  yang
      disukai dengan ekspresi yang sesuai

Membaca

7. Memahami teks pendek
   dengan membaca  lancar dan
   membaca puisi anak


7.1 Membaca  lancar beberapa kalimat sederhana yang
      terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
7.2 Membaca  puisi anak yang terdiri  atas 2-4 baris
      dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
8. Menulis permulaan dengan
    huruf  tegak bersambung
    melalui kegiatan dikte  dan
    menyalin   

8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan
      huruf  tegak bersambung
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami teks pendek dan
   puisi anak yang dilisankan

1.1 Menyebutkan kembali dengan  kata-kata atau kalimat
      sendiri isi teks pendek    
1.2 Mendeskripsikan isi puisi
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran,
   perasaan, dan pengalaman
   secara lisan melalui kegiatan
   bertanya, bercerita, dan
   deklamasi


2.1  Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan  pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
2.2  Menceritakan kegiatan sehari-hari  dengan bahasa yang  mudah dipahami orang lain
2.3  Mendeklamasikan puisi dengan  ekspresi yang tepat
Membaca
3. Memahami teks pendek
   dengan membaca lancar dan
   membaca puisi anak  


3.1  Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat)  yang dibaca dengan membaca lancar  
3.2  Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
Menulis
4. Menulis permulaan melalui
   kegiatan melengkapi cerita dan
   dikte

4.1  Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
4.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
       dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan
       memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
       titik

Kelas II, Semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami pesan   pendek dan
   dongeng yang dilisankan

5.1  Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya
       kepada orang lain
5.2  Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya   
Berbicara
6. Mengungkapkan secara lisan
    beberapa informasi dengan
    mendeskripsikan benda dan
    bercerita


6.1. Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar
       sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang
       mudah dipahami orang lain
6.2  Menceritakan kembali cerita  anak yang didengarkan
       dengan menggunakan kata-kata sendiri
Membaca
7.  Memahami ragam wacana tulis
    dengan membaca nyaring dan
    membaca dalam hati  


7.1  Membaca nyaring teks  (15-20 kalimat)  dengan
       memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat
7.2  Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat)
       yang dibaca dalam hati   
Menulis
8. Menulis permulaan dengan
   mendeskripsikan  benda di
   sekitar dan menyalin puisi anak


8.1  Mendeskripsikan  tumbuhan atau binatang di sekitar
       secara sederhana dengan  bahasa tulis
8.2  Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
       yang rapi


Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang
   petunjuk dan cerita anak yang
   dilisankan


1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
      disampaikan secara lisan
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
      disampaikan secara lisan
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran,
   perasaan, pengalaman, dan
   petunjuk dengan bercerita dan
   memberikan tanggapan/saran   

2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut  dan mudah dipahami 
2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami 
2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
Membaca
3. Memahami teks  dengan
   membaca nyaring, membaca
   intensif, dan membaca dongeng


3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat 
3.2 Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui   membaca intensif
3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca   
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran,
   perasaan, dan informasi  dalam
   bentuk paragraf dan puisi


4.1 Menyusun paragraf berdasarkan  bahan   yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.2 Melengkapi puisi anak  berdasarkan gambar

Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami cerita  dan teks
   drama anak yang dilisankan


5.1 Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita
      pengalaman teman yang didengarnya
5.2 Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak  yang didengarnya  
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran,
   perasaan, dan pengalaman
   secara lisan dengan  bertelepon
   dan bercerita


6.1 Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
6.2 Menceritakan peristiwa  yang pernah dialami, dilihat, atau didengar 
Membaca
7. Memahami teks dengan
   membaca intensif (150-200
   kata) dan membaca puisi

7.1 Menjawab dan atau mengajukan  pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200  kata) yang dibaca secara intensif
7.2 Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi  yang tepat
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran,
   perasaan, dan informasi dalam
   karangan sederhana dan puisi

8.1 Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
8.2 Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik

Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan
1. Mendengarkan penjelasan
   tentang petunjuk denah dan
   simbol daerah/lambang korps  


1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang
      didengar
1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan
      tentang simbol daerah/lambang korps
Berbicara
2. Mendeskripsikan secara lisan
   tempat sesuai denah dan
   petunjuk penggunaan suatu alat

2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau
      gambar dengan kalimat yang runtut
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan  suatu alat dengan
      bahasa yang baik dan benar
Membaca
3. Memahami teks agak panjang
    (150-200 kata), petunjuk
    pemakaian, makna kata dalam
    kamus/ensiklopedi

3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150
      200 kata) dengan cara membaca sekilas
3.2  Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian
       yang dibaca
3.3 Menemukan makna dan informasi  secara  tepat dalam
      kamus/ensiklopedi   melalui membaca  memindai
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran,
   perasaan, dan informasi secara
   tertulis dalam bentuk
   percakapan,  petunjuk, cerita,
   dan surat


4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan
      memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan
      tanda petik)
4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau
      penjelasan tentang cara membuat sesuatu
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan
      menggunakan kata/kalimat yang tepat  sehingga menjadi
      cerita yang padu
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
      atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar  dan
      memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda
      titik, tanda koma, dll.)

      Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Mendengarkan pengumuman
   dan pembacaan pantun  
5.1   Menyampaikan kembali isi  pengumuman yang
        dibacakan
5.2   Menirukan pembacaan pantun anak   dengan lafal dan
        intonasi yang tepat  
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran,
   perasaan, dan informasi 
   dengan berbalas pantun  dan
   bertelepon
6.1   Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
6.2   Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon
        sesuai dengan isi pesan
  
Membaca
7. Memahami teks melalui
   membaca intensif, membaca
   nyaring, dan membaca pantun
7.1   Menemukan kalimat utama  pada tiap paragraf melalui
        membaca intensif    
7.2   Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan
        intonasi yang tepat
7.3   Membaca pantun anak  secara berbalasan dengan
        lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran,
   perasaan, dan informasi  secara
   tertulis dalam bentuk  karangan,
   pengumuman, dan pantun anak

8.1   Menyusun  karangan tentang berbagai topik sederhana
        dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf
        besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
8.2   Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan
        benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
8.3   Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai
        tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.)
        sesuai dengan ciri-ciri pantun

Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan
1. Memahami  penjelasan
   narasumber dan cerita rakyat
   secara lisan
1.1  Menanggapi penjelasan narasumber  (petani,
       pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan
       memperhatikan santun berbahasa
1.2  Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang
       didengarnya
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran,
   pendapat, perasaan, fakta
   secara lisan dengan menanggapi
   suatu persoalan,  menceritakan
   hasil pengamatan, atau
   berwawancara    
2.1  Menanggapi  suatu persoalan atau peristiwa dan
       memberikan saran pemecahannya  dengan
       memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
2.2  Menceritakan   hasil pengamatan/kunjungan  dengan
       bahasa runtut, baik, dan benar   
2.3  Berwawancara sederhana dengan narasumber  (petani,
       pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan
       memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa 
Membaca
3. Memahami teks dengan
   membaca teks percakapan,
   membaca cepat 75 kata/menit,
   dan membaca puisi
3.1  Membaca  teks percakapan dengan lafal dan intonasi
       yang tepat
3.2  Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca
       dengan kecepatan 75 kata  per menit  
3.3  Membaca  puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat  
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran,
    perasaan, informasi, dan
    pengalaman secara tertulis
    dalam  bentuk karangan,  surat
    undangan, dan dialog tertulis
4.1  Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan
       memperhatikan  pilihan kata dan penggunaan ejaan
4.2  Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama,
       kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat
       efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
4.3  Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga  tokoh
       dengan memperhatikan isi serta perannya

Kelas V, Semester  2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami cerita tentang suatu
   peristiwa dan cerita pendek
   anak yang disampaikan secara
   lisan
5.1  Menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di
       sekitar yang  disampaikan secara lisan
5.2  Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar,
       amanat)    
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran dan
   perasaan  secara lisan dalam
   diskusi dan bermain drama
6.1  Mengomentari  persoalan faktual disertai alasan yang
       mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan
       santun berbahasa
6.2  Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan
       ekspresi yang tepat
Membaca
7. Memahami teks dengan
    membaca sekilas, membaca
    memindai, dan membaca cerita
    anak
7.1  Membandingkan isi  dua teks yang dibaca dengan
       membaca sekilas  
7.2  Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks
       khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan,
       daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan
       melalui membaca memindai  
7.3  Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
Menulis
8.  Mengungkapkan pikiran,
    perasaan, informasi, dan fakta
    secara tertulis dalam bentuk
    ringkasan, laporan, dan  puisi
    bebas
8.1  Meringkas isi buku  yang dipilih sendiri  dengan
       memperhatikan penggunaan ejaan
8.2  Menulis laporan pengamatan atau kunjungan
       berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal,
       perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan
       ejaan 
8.3  Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat

Kelas VI, Semester 1 
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.Memahami teks dan cerita anak
   yang dibacakan
1.1  Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang
       dibacakan   
1.2  Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau
       amanat dari cerita anak yang dibacakan
Berbicara
2.Memberikan informasi dan
   tanggapan secara lisan   
2.1  Menyampaikan  pesan/informasi yang diperoleh dari
       berbagai media  dengan bahasa yang runtut, baik dan
       benar
2.2. Menanggapi (mengkritik/memuji)  sesuatu hal disertai
       alasan dengan menggunakan bahasa yang santun
Membaca
3.Memahami teks dengan
   membaca intensif dan membaca
   sekilas  
3.1  Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan
       hasil pengamatan/kunjungan     
3.2  Menanggapi informasi dari kolom/rubrik  khusus
       (majalah anak, koran, dll.)     
Menulis
4.Mengungkapkan pikiran,
   perasaan, dan informasi secara
   tertulis dalam bentuk formulir,
   ringkasan, dialog, dan parafrase
4.1  Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel
       pos, kartu pos,  daftar riwayat hidup, dll.) dengan
       benar
4.2  Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang
       didengar
4.3  Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan
       memperhatikan penggunaan ejaan
4.4  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap
       memperhatikan makna puisi
    
Kelas  VI, Semester 2 
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan
   tentang berita  dan drama
   pendek 
5.1  Menyimpulkan  isi berita yang didengar dari televisi
       atau radio  
5.2  Menceritakan isi  drama pendek yang disampaikan 
       lisan
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran,
   perasaan, dan informasi 
   dengan berpidato, melaporkan
   isi buku, dan baca puisi 
6.1  Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan
       (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan
       lafal, intonasi, dan sikap  yang tepat
6.2  Melaporkan isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang,
       jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
6.3  Membacakan puisi  karya sendiri  dengan ekspresi
       yang tepat  
Membaca
7.  Memahami teks dengan
    membaca intensif dan
    membaca teks drama
7.1  Menemukan makna tersirat suatu teks melalui
       membaca intensif  
7.2  Mengidentifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar,
       tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak  
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan
   informasi  secara tertulis dalam
   bentuk  naskah pidato dan surat
   resmi
8.1  Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang
       tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang
       baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan
       ejaan
8.2  Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata
       sesuai dengan orang yang dituju

E.  Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

kurikulum 2013 Kompetensi Dasar SD download
Struktur Kurikulum SD/MI

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar