31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah
Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral
dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan
merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran
bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan
budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam
masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan
kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia
dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi
terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan
kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan
pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan
sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta
didik untuk memahami dan merespon
situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata
pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1.
peserta
didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan
minatnya,
serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa
sendiri;
serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa
sendiri;
2.
guru dapat
memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan
menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.
guru lebih
mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai
dengan
kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.
orang tua
dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan
daan
kesastraan di sekolah;
kesastraan di sekolah;
5.
sekolah
dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai
dengan
keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.
daerah dapat
menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan
kondisi
dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa
Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan
etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat
dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan intelektual, serta kematangan
emosional dan sosial
emosional dan sosial
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas
wawasan, memperhalus budi pekerti,
serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai
khazanah budaya dan intelektual manusia
Indonesia.
Indonesia.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup
komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.
Pada akhir pendidikan di SD/MI, peserta
didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami bunyi bahasa,
perintah, dan dongeng yang dilisankan |
1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau
petunjuk sederhana
1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh
dalam cerita
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi |
2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana
dan bahasa yang santun
2.2 Menyapa orang lain dengan
menggunakan kalimat
sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
2.3 Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan fungsi
anggota tubuh dengan kalimat sederhana
2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi
yang sesuai |
Membaca
3. Memahami teks pendek
dengan membaca nyaring |
3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang
tepat
3.2 Membaca nyaring kalimat
sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat |
Menulis
4. Menulis permulaan dengan
menjiplak, menebalkan, melengkapi, dan menyalin |
4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf
4.2 Menebalkan berbagai bentuk
gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf
4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari
buku atau papan tulis dengan benar
4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan
gambar
4.5 Menyalin puisi anak
sederhana dengan huruf lepas
|
Kelas I, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan
tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng |
5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar
5.2 Menyebutkan isi dongeng
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng |
6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri
sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
6.2 Melakukan percakapan
sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai
6.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu
hal atau kegiatan dengan alasan sederhana
6.4 Memerankan
tokoh dongeng atau cerita
rakyat yang
disukai dengan ekspresi yang sesuai |
Membaca
7. Memahami teks pendek
dengan membaca lancar dan membaca puisi anak |
7.1 Membaca lancar beberapa
kalimat sederhana yang
terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
7.2 Membaca puisi anak yang
terdiri atas 2-4 baris
dengan lafal dan intonasi yang tepat |
Menulis
8. Menulis permulaan dengan
huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin |
8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan
huruf tegak bersambung
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
|
Kelas II, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami teks pendek dan
puisi anak yang dilisankan |
1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata
atau kalimat
sendiri isi teks pendek
1.2 Mendeskripsikan
isi puisi
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi |
2.1 Bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
2.2 Menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan bahasa
yang mudah dipahami orang lain
2.3 Mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang tepat
|
Membaca
3. Memahami teks pendek
dengan membaca lancar dan membaca puisi anak |
3.1 Menyimpulkan
isi teks pendek (10-15 kalimat) yang
dibaca dengan membaca lancar
3.2 Menjelaskan
isi puisi anak yang dibaca
|
Menulis
4. Menulis permulaan melalui
kegiatan melengkapi cerita dan dikte |
4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang
tepat
4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik |
Kelas II, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami pesan pendek dan
dongeng yang dilisankan |
5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya
kepada orang lain
5.2 Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya
|
Berbicara
6. Mengungkapkan secara
lisan
beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita |
6.1. Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar
sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
6.2 Menceritakan kembali cerita
anak yang didengarkan
dengan menggunakan kata-kata sendiri |
Membaca
7. Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati |
7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan
memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat
7.2 Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25
kalimat)
yang dibaca dalam hati |
Menulis
8. Menulis permulaan dengan
mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak |
8.1 Mendeskripsikan tumbuhan
atau binatang di sekitar
secara sederhana dengan bahasa tulis
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak
bersambung
yang rapi |
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang
petunjuk dan cerita anak yang dilisankan |
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan |
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran |
2.1 Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.2 Menjelaskan
urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
2.3 Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
|
Membaca
3. Memahami teks dengan
membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng |
3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi
yang tepat
3.2 Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui membaca
intensif
3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi |
4.1 Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan
ejaan
4.2 Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami cerita
dan teks
drama anak yang dilisankan |
5.1 Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita
pengalaman teman yang didengarnya
5.2 Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita |
6.1 Melakukan
percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan
kalimat ringkas
6.2 Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami,
dilihat, atau didengar
|
Membaca
7. Memahami teks dengan
membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi |
7.1 Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang
isi teks agak panjang (150-200 kata) yang
dibaca secara intensif
7.2 Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi |
8.1 Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan
tanda titik
8.2 Menulis
puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan
1. Mendengarkan penjelasan
tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps |
1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang
didengar
1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan
tentang simbol daerah/lambang korps |
Berbicara
2. Mendeskripsikan secara lisan
tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat |
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau
gambar dengan kalimat yang runtut
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan
suatu alat dengan
bahasa yang baik dan benar |
Membaca
3. Memahami teks agak panjang
(150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi |
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150
200 kata) dengan cara membaca sekilas
3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk
pemakaian
yang dibaca
3.3 Menemukan makna dan informasi
secara tepat dalam
kamus/ensiklopedi melalui membaca memindai |
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat |
4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan
memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau
penjelasan tentang cara membuat sesuatu
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan
menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.) |
Kelas IV, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5. Mendengarkan pengumuman
dan pembacaan pantun |
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman
yang
dibacakan
5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan
intonasi yang tepat |
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelepon |
6.1 Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon
sesuai dengan isi pesan |
Membaca
7. Memahami teks melalui
membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun |
7.1 Menemukan kalimat utama
pada tiap paragraf melalui
membaca intensif
7.2 Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
7.3 Membaca pantun anak
secara berbalasan dengan
lafal dan intonasi yang tepat |
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak |
8.1 Menyusun karangan tentang
berbagai topik sederhana
dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
8.2 Menulis
pengumuman dengan bahasa yang baik dan
benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
8.3 Membuat
pantun anak yang menarik tentang berbagai
tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun |
Kelas V, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan
narasumber dan cerita rakyat secara lisan |
1.1 Menanggapi penjelasan narasumber
(petani,
pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan
memperhatikan santun berbahasa
1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita
rakyat yang
didengarnya |
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran,
pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara |
2.1 Menanggapi suatu persoalan
atau peristiwa dan
memberikan saran pemecahannya dengan
memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
2.2 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan
bahasa runtut, baik, dan benar
2.3 Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani,
pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa |
Membaca
3. Memahami teks dengan
membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi |
3.1 Membaca teks percakapan
dengan lafal dan intonasi
yang tepat
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca
dengan kecepatan 75 kata per menit
3.3 Membaca puisi dengan lafal
dan intonasi yang tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis |
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan
memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama,
kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh
dengan memperhatikan isi serta perannya |
Kelas V, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami cerita tentang suatu
peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan |
5.1 Menanggapi cerita tentang
peristiwa yang terjadi di
sekitar yang
disampaikan secara lisan
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema,
latar,
amanat) |
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran dan
perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama |
6.1 Mengomentari persoalan
faktual disertai alasan yang
mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan
santun berbahasa
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat |
Membaca
7. Memahami teks dengan
membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak |
7.1 Membandingkan
isi dua teks yang dibaca dengan
membaca
sekilas
7.2 Menemukan
informasi secara cepat dari berbagai teks
khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan melalui membaca memindai
7.3 Menyimpulkan
isi cerita anak dalam beberapa kalimat
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas |
8.1 Meringkas
isi buku yang dipilih sendiri dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan
berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
|
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1.Memahami teks
dan cerita anak
yang dibacakan |
1.1 Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu
teks yang
dibacakan
1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema
atau
amanat dari cerita anak yang dibacakan |
Berbicara
2.Memberikan informasi dan
tanggapan secara lisan |
2.1 Menyampaikan
pesan/informasi yang diperoleh dari
berbagai media dengan bahasa yang runtut, baik dan
benar
2.2. Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai
alasan dengan menggunakan bahasa yang santun |
Membaca
3.Memahami teks dengan
membaca intensif dan membaca sekilas |
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian
suatu laporan
hasil pengamatan/kunjungan
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus
(majalah anak, koran, dll.) |
Menulis
4.Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase |
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu
anggota, wesel
pos, kartu pos, daftar
riwayat hidup, dll.) dengan
benar
4.2 Membuat
ringkasan dari teks yang dibaca atau yang
didengar
4.3 Menyusun
percakapan tentang berbagai topik dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
4.4 Mengubah
puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap
memperhatikan makna puisi |
Kelas VI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan
tentang berita dan drama pendek |
5.1 Menyimpulkan
isi berita yang didengar dari televisi
atau radio
5.2 Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan
lisan |
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi |
6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai
keperluan
(acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan
lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
6.2 Melaporkan isi buku
yang dibaca (judul, pengarang,
jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
6.3 Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi
yang tepat |
Membaca
7. Memahami teks dengan
membaca intensif dan membaca teks drama |
7.1 Menemukan makna tersirat suatu teks melalui
membaca intensif
7.2 Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar,
tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak |
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan
informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi |
8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan,
ulang
tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang
baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan
pilihan kata
sesuai dengan orang yang dituju |
E. Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar