Kurikulum 2013 menitik beratkn penilaian siswa pada 3 hal : sikap (jujur, santun, disiplin, dll), keterampilan maka tak menutup kemungkinan bagi para Guru dan Siswanya, banyak praktek/ tugas proyek sekolah, serta pengetahuan keilmuan.
Pada tingkat dasar SD/MI, kurikulum 2013 ini lebih fokus pada pembentukan sikap dan ketrampilan hidup, sedangkan keilmuannya lebih 'ringan' di banding KTSP. Pada level atas penguasaan keilmuannya lebih ditingkatkan porsinya karena dianggap pribadinya sudah terbentuk di level dasar.
Untuk persiapan kurikulum yang bersifat tematik integratif ini para Guru Sekolah Dasar hendaknya lebih awal membekali diri untuk mengenal kurikulum 2013 beserta perangkatnya, berikut RPP yang Bapak/Ibu bisa download.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 9 Betung
Kelas/Semester : IV/2
Tema : 6. Indahnya Negeriku
Sub Tema : 1 Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung Jawab dalam mengerjakan tugas
3.7 Menentukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan
sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta
permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri
dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hatihati; bertanggung Jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud
Implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskrpisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi,
dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
C. INDIKATOR
Matematika
1.1.1 Menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.2.1 Merasa senang dan tertarik mempelajari matematika
3.7.1 Menjelaskan operasi penjumlahan bilangan desimal dan persen
3.7.2 Menjelaskan operasi pengurangan bilangan decimal dan persen
4.2.1 Mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen
4.2.2 Mengoperasikan pengurangan bilangan desimal dan persen
Bahasa Indonesia
1.2.1 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan dengan adanya teknologi modern
dalam pemanfaatan sumber daya alam
2.4.1 Memiliki kepedulian dalam pemanfaatan sumber daya alam dalam kehidupan
3.4.1 Menceritakan kembali menggunakan kata-kata sendiri informasi yang digali dari berita
petualangan
4.4.1 Membuat kalimat menggunakan kosa kata baku
IPA
1.1.1 Menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya
2.1.1 Menunjukkan prilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari
2.2.1 Menghargai kerja individu dan kelompok
3.7.1 Membedakan hewan langka dan tidak langka
4.6.1 Menyimpulkan laporan berita perburuan hewan langka
D. MATERI PEMBELAJARAN
Matematika
Operasi hitung bilangan Pecahan
Bahasa Indonesia
Mengidentifikasi Teks cerita petualangan “Perburuan Liar Ancam Macan Tutul di Ujung
Kulon”, untuk menemukan informasi yang terkandung di dalamnya.
IPA
Hewna Langka
untuk lebih lengkapnya bisa anda download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar