RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 9
Betung
Kelas / Semester :
5 /1
Tema : 1. Organ Gerak Hewan Dan Manusia
Sub Tema : 1. Organ Gerak Hewan
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara
kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1
Mengetahui fungsi alat gerak pada
manusia dan hewan.
3.1.2
Menunjukan cara menjaga
kesehatan alat gerak.
|
4.1
|
Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
4.1.1
Menciptakan alat peraga dari bahan bekas.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menunjukan ide
pokok pada sebuah
paragraf
3.1.2 Mencari pokok
pikiran pada sebuah
percakapan.
|
4.1
|
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran
|
4.1.1 Mengindentifikasi
pokok pikiran yang
terdapat pada sebuah teks.
|
C. TUJUAN
- Dengan membaca teks tentang
organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak
hewan dan manusia secara benar.
- Dengan kegiatan membaca,
siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
- Dengan menulis, siswa dapat
mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
D. MATERI
- Bacaan organ gerak hewan dan
manusia
- Bacaan beberapa paragarap.
- Gambar dan percakapan.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam,
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh
salah seorang siswa.
3.
Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan
sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.
Menyanyikan lagu wajib nasional. Guru memberikan
penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/
berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia,
kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
·
Pada
awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan
mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum
kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
·
Siswa mengamati gambar dan percakapan tentang organ
gerak hewan dan manusia.
·
Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan
percakapan secara cermat.
Catatan:
1)
Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar
secara cermat untuk menggali informasi.
2)
Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk
mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan
tertulis.
3)
Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog
interaktif.
Hasil yang Diharapkan
1.
Siswa terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih
lanjut tentang organ gerak hewan dan manusia.
2.
Siswa
memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap organ gerak.
A. Ayo
Membaca
·
Siswa
membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.
Alternatif
kegiatan membaca:
1.
Guru
memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta dalam hati.
2.
Guru
menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain
menyimak.
3.
Bacaan
tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil yang
diharapkan
-
Siswa
gemar membaca.
-
Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi
dari sebuah bacaan.
-
Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui organ gerak
manusia dan hewan.
·
Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok
tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.
Alternatif
jawaban
1. Paragraf 2: Gerak pada
manusia dan hewan menggunakan organ
geraktersusun dalam sistem gerak.
2.
Paragraf 3: Organ gerak manusia dan hewan memiliki
kesamaan yakni tulang dan otot.
3.
Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
4.
Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan
baik dan benar khususnya dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok
bacaan.
-
Siswa mampu menentukan ide pokok bacaan.
B. Ayo
Menulis
·
Pada
kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf
berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
Alternatif Jawaban
1. Paragraf 1: Organ gerak
manusia dan hewan terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni
tulang. Ada juga organ gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot memiliki fungsi
masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.
2. Paragraf 2: Organ gerak
banyak sekali fungsinya. Dengan organ gerak, kita dapat melakukan
gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari,
memanjat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.
3. Paragraf 3: Tanpa organ
gerak manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan
bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak
adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan
gerakan-gerakan, baik gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari
luar maupun gerakan-gerakan terencana.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa memiliki keterampilan mengembangkan ide pokok
menjadi
-
sebuah paragraf.
-
Siswa mengetahui fungsi organ gerak.
-
Siswa dapat mandiri, bertanggung jawab, serta tekun
dalam mengerjakan tugas.
C. Ayo Berdiskusi
·
Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang
pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.
Alternatif Pelaksanaan Diskusi
1.
Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan
mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
2.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih
para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan
lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
3. Pembawa acara
bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk
membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
4. Notulis bertugas untuk
mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti
pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas
untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
5. Setiap peserta diskusi
berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan oleh pembawa acara.
6. Setelah siswa
memberikan pendapatnya, guru mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian
guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
7. Masing-masing siswa
menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi
Alternatif Jawaban
-
Ide Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok
pengembangan sebuah paragraf.
-
Fungsi Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf.
-
Cara menetukan ide pokok: Membaca kalimat dalam
paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf
itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama.
Hasil yang diharapkan
§ Siswa memahami
pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok dari sebuah bacaan.
§ Siswa mampu
mengembangkan sikap kerja sama dalamkelompok serta menghargai pendapat orang
lain.
· Pada kegiatan Ayo
Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
· Cara membuat kesimpulan
dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang disampaikan dalam
diskusi kemudian membandingkan pendapat tersebut.
· Setelah membandingkan,
carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta diskusi dan yang dirasa
mendekati kebenaran.
· Siswa meminta penguatan
kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
· Siswa diberikan
kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa memahami konsep dan memiliki ketrampilan untuk
menyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa.
-
Kemandirian dalam mengerjakan tugas serta kepekaan dan
berpikir kritis.
Hasil yang diharapkan
-
Kemandirian dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.
-
Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah
dipelajari, berkaitan dengan organ gerak manusia dan hewan.
Catatan :
·
Kegiatan ini merupakan media untuk mengukur seberapa
banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
·
Pada ativitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa
setelah mempelajari materi.
·
Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat
memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian
masing-masing siswa.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan
tingkat pencapaian yang dicapainya.
C. Keja Sama Dengan Orang Tua
·
Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati
hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Siswa mengidentifikasi
organ gerak hewan-hewan tersebut.
Hasil yang diharapkan
-
Mengetahui organ gerak hewan.
-
Menambah rasa ingin tahu.
-
Kerja sama.
-
Keterampilan mengumpulkan dan mengolah data atau
informasi melalui kegiatan pengamatan.
|
140 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya
4. Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup
di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut:
Teknik Penilaian:
1.
Penilaian Sikap: Percaya
diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
a)
Disiplin
b)
Tanggung Jawab
c)
Peduli
d)
Percaya Diri
2.
Penilaian Pengetahuan:
tes tertulis
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis,
remedial, dan pengayaan pada buku siswa.
Format Penilaian
3. Penilaian
Keterampilan: uji unjuk kerja
Penilaian
Unjuk Kerja
a)
Rubrik Menulis
Berdasarkan Pengamatan Gambar
b)
Mencari ide pokok bacaan
c)
Menuliskan Ide Pokok dari
Bacaan
H. REMEDIAL DAN
PENGAYAAN
a. Remedial
b. Pengayaan
Coba amati kegiatanmu
sehari-hari.
1.
Tunjukkan gerakan
dalam kegiatanmu sehari-hari yang memanfaatkan organ gerak:
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Apakah yang akan
terjadi jika organ gerakmu tidak dapat bekerja sebagai mestinya?
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
I.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku, teks bacaan organ gerak hewan dan
manusia, gambar tentang organ gerak hewan dan manusia
2.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5
dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
3.
Slide/gambar tentang organ
gerak hewan dan manusia.
Mengetahui Taja
Raya II, ...................... 2018
Kepala Sekolah Wali
Kelas
Sujiah, S.Pd.SD Tasihat Amanjaya, S.Pd
Pembina NIP
NIP
Silahkan download filenya disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar