JURNAL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 5
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 1.Organ Gerak Hewan
PB
|
Muatan
Mapel
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Pembelajaran ke 1
|
IPA
|
3.1.Menjelaskan alat
gerak dan fungsinya
Pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak
manusia.
|
3.1.1
Mengetahui fungsi alat gerak pada
manusia dan hewan.
3.1.2
Menunjukan cara menjaga kesehatan
alat gerak.
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan pokok pikiran dalam teks
lisan dan tulis.
|
3.1.1
Menunjukan ide pokok pada sebuah paragraf
3.1.2
Mencari pokok pikiran pada sebuah
percakapan.
|
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 1.Organ Gerak Hewan
PB
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 2
|
Bahasa Indonesia
|
3.1. Menentukan pokok
pikiran dalam teks lisan
Dan tulis.
|
3.1.1
Menentukan ide pokok cerita
|
IPA
|
3.1. Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada
hewan dan manusia serta cara
memelihara
kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1.Menyebutkan organ gerak dan
fungsinya pada hewan
|
|
|
3.1.
Memahami gambar cerita
|
3.1.1.Menceritakan
cerita yang terdapat
pada gambar cerita
|
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 1.Organ Gerak Hewan
PB
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 3
|
PPKn
|
1.1.Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari hari.
2.1.Bersikap tanggung jawab, cinta tanah
air,
dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila
Pancasila.
3.1.Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.1.1.Mengamalkan
nilia-nilai pancasila
dalam
kehidupan sehari-hari.
2.1.1.Menerapkan sikap-sikap
yang
sesuai dengan nilai-nilai yang
terkandung dalam sila Pancasila
secara tepat.
3.1.1.Menunjukkan
Nilai-nilai pancasila
yang
tedapat dalam lingkungan
sekitar.
|
IPS
|
3.1.Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
|
3.1.1.Mencari pengaruh ekonomi, sosial
dan budaya terhadap letak geografis
Indonesia
3.1.2.Menunjukkan perubahan alam yang
di sebabkan oleh perilaku manusia.
|
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan pokok pikiran dalam teks
lisan
dan tulis.
|
3.1.1.Meyebutkan ide pokok yang tedapat
pada
teks bacaan
|
JURNAL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 5
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 1.Organ Gerak Hewan
PB
|
Muatan
Mapel
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 4
|
PPKn
|
1.1.Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air,
dan rela berkorban
sesuai nilai-nilai sila
Pancasila.
2.1.Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilai-nilai
Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
3.1.Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
|
1.1.1 Mengikuti gotong royong yang ada di
masyarakat
2.1.1Mengamalkan
nilai-nilai pancasila
dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.1Menjelaskan cara mengikuti gotong
royong
secara benar.
|
IPS
|
3.1.Mengidentifikasi
karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
|
3.1.1.Menunjukkan
kondisi geografis
pulau-pulau
di Indonesia.
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan
dan tulis.
|
3.1.1. Mencari ide pokok
yang terdapat
pada bacaan.
|
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 1.Organ Gerak Hewan
PB
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 5
|
SBDP
|
3.1.Memahami
gambar cerita.
|
3.1.1.Menjelaskn
cerita yang terdapat
pada
gambar.
|
IPA
|
3.1.Menjelaskan alat gerak dan fungsinya
Pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak
manusia.
|
3.1.1 Menyebutkan cir-ciri
hewan
vertebrata
dan avertebrata.
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan pokok pikiran dalam teks
lisan dan tulis.
|
3.1.1
Menetukan
ide pokok pada masing
masing
paragraf.
|
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 1.Organ Gerak Hewan
PB
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 6
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan
pokok pikiran dalam teks
lisan dan tulis.
|
3.1.1. Menunjukkan pokok pikiran pada
sebuah
paragaraf
|
SBdP
|
3.1.Memahami
gambar cerita.
|
3.1.1 Menceritakan ulang cerita yang
terdapat pada gambar
3.1.2 Menyusun cerita berdasarkan
gambar.
|
|
IPA
|
3.1.Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada
hewan dan manusia serta cara
memelihara
kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1 Menghafal alat gerak dan fungsinya
pada hewan dan manusia.
3.1.2 Menjelaskan cara memelihara
kesehatan alat gerak manusia
3.1.3 Menyebutkan hewan yang termasuk
hewan vertebrata dan hewan yang
termasuk arvebrata.
|
Mengetahui Taja
Raya II, .......................
Kepala Sekolah Wali
Kelas
Sujiah, S.Pd.SD Tasihat
Amanjaya, S.Pd
Pembina Tk.I NIP
NIP
JURNAL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 5
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 2. Manusia dan Lingkungan
PB
|
Muatan
Mapel
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 1
|
IPA
|
3.1.Menjelaskan alat gerak dan fungsinya
pada
hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak
manusia.
|
3.1.1 Menghafal alat gerakl dan
fungsinya
pada hewan dan
manusia
3.1.2 Mengetahui cara memelihara pada
alat gerak manusia.
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan pokok pikiran
dalam teks
lisan dan tulis.
|
3.1.1 identifikasi pokok pikiran
paada
sebuah
teks
|
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 2. Manusia dan Lingkungan
PB
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 2
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan
pokok pikiran
dalam teks lisan dan tulis.
|
3.1.1 identifikasi pokok
pikiran pada sebuah teks.
|
IPA
|
3.1.Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada
hewan dan manusia serta cara
memelihara
kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1 Menghafal alat gerakdan fungsinya
pada hewan.
3.1.2 Mengetahui cara memelihara
kesehatanlat gerak pada manusia.
|
|
SDBdP
|
3.2.Memahami
gambar cerita.
|
3.2.1 Menceritakan ulang cerita yang
terdapat pada
gambar.
|
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 2. Manusia dan Lingkungan
PB
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 3
|
PPKn
|
1.1.Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
2.1.Bersikap tanggung jawab, cinta tanah
air,
dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila
Pancasila.
3.1.Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila
dalam
kehidupan sehari- hari.
|
1.1.1 Mengamalkan
nilia nlia pancasila
pada kehidupan sehari hari.
2.1.1
Menunjukan sikap yang sesuai
dengan nilai- nilai pancasila.
3.1.1
identifikasi nili- nilai pancasila di
tempat tinggal masing masing
|
IPS
|
3.1.Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya,
komunikasi serta transportasi.
|
3.1.1
Idetifikasi kekayaan yang di miliki
Negara Indonesia.
3.1.2
Mengetahui kepadatan penduduk, persebaran agama, dan daerah asal suku-suku
bangsa yang ada di Indonesia.
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan pokok pikiran dalam teks
lisan dan tulis.
|
3.1.1 Identifikasi
pokok pikiran pada
sebuah teks.
|
JURNAL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 5
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 2. Manusia dan Lingkungan
PB
|
Muatan
Mapel
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 4
|
IPS
|
3.1.Mengidentifikasi karakteristik
geografis
Indonesia sebagai negara
kepulauan/
maritim dan agraris serta
pengaruhnya
terhadap kehidupan
ekonomi,
sosial, budaya, komunikasi
serta
transportasi.
|
3.1.1 Mengetahui kenampakan alam buatan dan bukan buatan.
3.1.2 Menyebutkan pulau besar
di Indonesia, kondisi iklim di
Indonesia.
3.1.3 Mengidentifikasi keragaman flora dan fauna di Indonesia
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan
pokok pikiran dalam teks
lisan dan tulis.
|
3.1.1
Identifikasi pokok pikiran yang terdapat dalam sebuah paragraf.
|
|
PPKn
|
1.1.Bersyukur kepada
Tuhan Yang Maha
Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
2.1.Bersikap
tanggung jawab, cinta tanah
air, dan rela berkorban sesuai nilai
nilai sila Pancasila.
3.1.Mengidentifikasi
nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.1.1
Mengamalkan nilai nilai pancasila
pada kehidupam
sehari-hari.
2.1.1 Menerapkan sikap yang sesuai
dengan nilai-nilai pancasila.
3.1.1 Mengetahui nilai-nilai pancasila
yang terdapat pada kehidupam
sehari- hari.
|
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 2. Manusia dan Lingkungan
PB
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 5
|
IPA
|
3.1.Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada
hewan dan manusia serta cara
memelihara
kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1 identifikasi organ gerak pada
Manusia
3.1.1
Mengetahui otot-otot pada
manusia.
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan
dan tulis.
|
3.1.1 Menunjukan ide pokok pada
pargaraf.
|
|
SDBdP
|
3.1.Memahami
gambar cerita.
|
3.1.1 Menjelaskan cerita yang
terdapat dalam sebuah gambar.
|
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 2. Manusia dan Lingkungan
PB
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 6
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan pokok
pikiran dalam teks
lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menunjukan ide pokok
bacaan
|
SBdP
|
3.1.Memahami gambar cerita.
|
3.1.1 Menceritakan cerita yang terdapat
dalam gambar
|
|
IPA
|
3.1.Menjelaskan alat gerak dan fungsinya
pada
hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1 Menyebutkan macam gerak otot
manusia.
|
Mengetahui Taja
Raya II, .......................
Kepala Sekolah Wali
Kelas
Sujiah, S.Pd.SD Tasihat
Amanjaya, S.Pd
Pembina Tk.I NIP
NIP
JURNAL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 5
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 3. Lingkungan dan Manfaatnya
PB
|
Muatan
Mapel
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 1
|
IPA
|
3.1.Menjelaskan alat gerak dan fungsinya
pada
hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak
manusia.
|
3.1.1
Menghafal organ gerak Manusia
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan pokok pikiran dalam teks
lisan dan tulis.
|
3. 1.1
Menetukan ide pokok
|
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 3. Lingkungan dan Manfaatnya
PB
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 2
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan
pokok pikiran
dalam teks lisan dan
tulis.
|
3.1.1 Menentukan ide pokok pada setiap paragraf
|
IPA
|
3.1.Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada
hewan
dan manusia serta cara memelihara
kesehatan
alat gerak manusia.
|
3.1.1 Menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia.
|
|
SDdP
|
Memahami gambar
cerita.
|
3.1.1 Memahami cerita gambar
|
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 3. Lingkungan dan Manfaatnya
PB
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 3
|
PPKn
|
1.1.Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
2.1.Bersikap tanggung jawab, cinta tanah
air,
dan rela berkorban sesuai nilai-nilai ila
Pancasila.
3.1.Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila
dalam
kehidupan sehari-hari.
|
1.1.1
Mengamalkan nilai- nilai
pancasila.
2.1.1 Menunjukan sikap
yangs sesuai
dengan nili-nilai
pancasila.
3.1.1 Identifikasi
perilaku yang sesuai
dengan
nilai- nilai pancasila.
|
IPS
|
3.1.Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
|
3.1.1 Identifikasi kekayaan alam dan
keberagaman yang
di miliki bangsa Indonesia.
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan pokok
pikiran
dalam teks lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menentukan
ide pokok bacaan.
|
JURNAL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 5
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 3. Lingkungan dan Manfaatnya
PB
|
Muatan
Mapel
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 4
|
IPS
|
3.1.Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia
sebagai negara kepulauan/
maritim
dan agraris serta pengaruhnya
terhadap
kehidupan ekonomi, sosial,
budaya,
komunikasi serta transportasi.
|
3.1.1 Identifikasi letak geografis bngasa
Indonesia terhadap budaya massyarakat.
3.1.2 Menyebutkan nama pbandara dan
pelabuhan yang ada di
indonesia.
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan pokok
pikiran dalam teks lisan
dan tulis
|
3.1.1 Menentukan
ide pokok bacaan
|
|
PPKn
|
1.1.Bersyukur kepada
Tuhan Yang Maha
Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
2.1.Bersikap
tanggung jawab, cinta tanah
air, dan rela berkorban sesuai nilai
nilai ila Pancasila.
3.1.Memahami
nilai-nilai yang
terkandung dalam sila-sila Pancasila
secara utuh sebagai satu kesatuan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.1.1 Mengamalkan nilai-nilai pancasila
dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.1 Menerapkan sikap yangs esuai
dengan nila-nilai pancasila.
3.1.1 Identifikasi perilaku yangsesuai dan
tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
|
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 3. Lingkungan dan Manfaatnya
PB
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 5
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan
pokok pikiran dalam teks
lisan dan tulis.
|
3.1.1 menentukan ide pokok bacaan.
|
SBdP
|
3.1.Memahami gambar cerita.
|
3.1.1 memahami cerita
pada gambar.
|
|
IPA
|
3.1.Menjelaskan alat gerak dan fungsinya
pada
hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan alat gerak manusia
|
3.1.1 identifikasimacam-macam kelainan, gangguan,
atau penyakit pada otot.
|
Hari /Tanggal : ………………………. Kelas/Semester :
5 / 1
Tema : 1.Organ Gerak Hewan
dan Manusia Alokasi waktu : 7 x 35 menit
Sub Tema : 3. Lingkungan dan Manfaatnya
PB
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Pembelajaran ke 6
|
Bahasa Indonesia
|
3.1.Menentukan
pokok pikiran dalam teks
lisan dan tulis.
|
3.1.1
Menentukan ide pokok tiap-tiap
paragraf pada bacaan
|
SBdP
|
3.1.Memahami gambar cerita.
|
3.1.1 Menceritakan
cerita yang ada pada
gambar.
|
|
IPA
|
3.1.Menjelaskan alat gerak dan fungsinya
pada
hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan alat gerak manusia
|
3.1.1 Menyebutkan macam
gerak otot
manusia
|
Mengetahui Taja
Raya II, .......................
Kepala Sekolah Wali
Kelas
Sujiah, S.Pd.SD Tasihat
Amanjaya, S.Pd
Pembina Tk.I NIP
NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar