RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 9 Betung
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : 1. Organ Gerak Hewan Dan Manusia
Sub Tema : 1. Organ Gerak Hewan
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 7 x
35 menit
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat
gerak manusia.
|
3.1.1 Mengetahui fungsi
alat gerak pada
manusia dan hewan.
3.1.2 Menunjukan cara
menjaga
kesehatan alat gerak.
|
4.1
|
Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
4.1.1 Menciptakan alat peraga
dari bahan bekas.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menunjukan ide pokok pada sebuah
paragraf
3.1.2 Mencari pokok pikiran pada sebuah
percakapan.
|
4.1
|
Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran
|
4.1.1 Mengindentifikasi pokok pikiran
yang
terdapat pada
sebuah teks.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan
dan manusia, siswa dapat
menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
- Dengan kegiatan membaca, siswa dapat
menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
- Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide
pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
v
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong Integritas
|
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Kelas dimulai dengan dibuka
dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan
do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
3. Siswa diingatkan untuk
selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi
tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu wajib nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya
menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca/ menulis/
mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh
dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan
motivasi.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
·
Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan
siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan
yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
·
Siswa
mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.
·
Biarkan
siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.
Catatan:
1)
Eksplorasi:
Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali
informasi.
2)
Pengumpulan
Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah
informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
3)
Komunikasi:
Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog interaktif.
Hasil yang Diharapkan
1.
Siswa
terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih lanjut tentang organ gerak
hewan dan manusia.
2. Siswa
memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap organ gerak.
A. Ayo Membaca
·
Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak
Manusia dan Hewan.
Alternatif kegiatan membaca:
1. Guru
memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta dalam hati.
2. Guru
menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain
menyimak.
3. Bacaan
tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa gemar membaca.
-
Siswa
memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan.
-
Melalui
bacaan, siswa dapat mengetahui organ gerak manusia dan hewan.
· Selesai membaca, siswa mencari dan
menentukan ide pokok tiap
paragraf dari bacaan yang telah
dibacanya.
Alternatif jawaban
1. Paragraf 2: Gerak pada manusia dan hewan
menggunakan organ geraktersusun
dalam sistem gerak.
2.
Paragraf
3: Organ gerak manusia dan hewan memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.
3.
Paragraf
4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
4.
Paragraf
5: Otot merupakan alat gerak aktif.
Hasil yang
diharapkan
-
Siswa
memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya
dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.
-
Siswa
mampu menentukan ide pokok bacaan.
B. Ayo Menulis
·
Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri
siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
Alternatif
Jawaban
1. Paragraf 1: Organ gerak manusia dan
hewan terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga
organ gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia
dan hewan.
2. Paragraf 2: Organ gerak banyak sekali
fungsinya. Dengan organ gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam
kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang,
berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.
3. Paragraf 3: Tanpa organ gerak manusia
tidak akan bisa melakukan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melakukan
aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem
yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik
gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun
gerakan-gerakan terencana.
Hasil
yang diharapkan
-
Siswa
memiliki keterampilan mengembangkan ide pokok menjadi
-
sebuah
paragraf.
-
Siswa
mengetahui fungsi organ gerak.
-
Siswa
dapat mandiri, bertanggung jawab, serta tekun dalam mengerjakan tugas.
C.
Ayo Berdiskusi
· Siswa membentuk kelompok untuk
berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.
Alternatif
Pelaksanaan Diskusi
1.
Guru
menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa
melaksanakan diskusi secara klasikal.
2.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi,
seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak
sebagai peserta diskusi.
3.
Pembawa
acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas
untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
4.
Notulis
bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi
berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi.
Notulis juga bertugas untuk
membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
5.
Setiap
peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
6.
Setelah
siswa memberikan pendapatnya, guru mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa.
Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
7.
Masing-masing
siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil
diskusi
Alternatif Jawaban
-
Ide
Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah
paragraf.
-
Fungsi
Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf.
-
Cara
menetukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu,
menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide
pokok/pikiran utama.
Hasil yang diharapkan
§
Siswa
memahami pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok dari sebuah
bacaan.
§
Siswa
mampu mengembangkan sikap kerja sama dalamkelompok serta menghargai pendapat
orang lain.
·
Pada
kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil
diskusi.
·
Cara
membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang disampaikan
dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat tersebut.
·
Setelah
membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta diskusi dan
yang dirasa mendekati kebenaran.
·
Siswa
meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
·
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa
memahami konsep dan memiliki ketrampilan untuk menyimpulkan suatu kejadian
atau peristiwa.
-
Kemandirian
dalam mengerjakan tugas serta kepekaan dan berpikir kritis.
Hasil yang diharapkan
-
Kemandirian
dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.
-
Siswa
mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan
organ gerak manusia dan hewan.
Catatan
:
·
Kegiatan
ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah
dipelajari dan dipahami siswa.
·
Pada
ativitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
·
Sebagai
tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN
sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa
meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang
dicapainya.
C. Keja Sama Dengan Orang Tua
·
Dengan
bantuan orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat
tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.
Hasil yang diharapkan
-
Mengetahui
organ gerak hewan.
-
Menambah
rasa ingin tahu.
-
Kerja
sama.
-
Keterampilan
mengumpulkan dan mengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan.
|
210 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru
memberikan penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk
menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh
salah satu siswa.
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA
1. Buku, teks bacaan organ gerak
hewan dan manusia, gambar tentang organ gerak hewan dan manusia
2. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku
Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2017).
3. Slide/gambar tentang organ gerak hewan dan manusia.
Mengetahui Taja
Raya II, ................................
Kepala Sekolah Wali
Kelas
Sujiah, S.Pd.SD Tasihat
Amanjaya, S.Pd
Pembina
Tk.I NIP
NIP
Lampiran 1
F. MATERI
- Bacaan organ gerak hewan dan manusia
- Bacaan beberapa paragarap.
- Gambar dan percakapan.
G.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya
Jawab, Diskusi dan Ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut:
Teknik Penilaian:
1. Penilaian
Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
a)
Disiplin
b)
Tanggung Jawab
c)
Peduli
d)
Percaya Diri
2. Penilaian
Pengetahuan: tes tertulis
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial,
dan pengayaan pada buku siswa.
Format Penilaian
3.
Penilaian
Keterampilan: uji unjuk kerja
Penilaian Unjuk
Kerja
a) Rubrik
Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
b) Mencari
ide pokok bacaan
c) Menuliskan
Ide Pokok dari Bacaan
H. REMEDIAL DAN PENGAYAAN
a. Remedial
b. Pengayaan
Coba amati kegiatanmu sehari-hari.
1.
Tunjukkan gerakan dalam kegiatanmu sehari-hari
yang memanfaatkan organ gerak:
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Apakah yang akan terjadi jika organ gerakmu tidak
dapat bekerja sebagai mestinya?
......................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar