Tulisan berjalan

"Selamat Datang di https://tasihat197.blogspot.com/"

3 November 2011

RPP IPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                      :   SD
Mata Pelajaran          :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester         :   6/1

Standar Kompetensi :1.     Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
Kompetensi Dasar    : 1.1.  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya.
Indikator                   :      -Menyebutkan  ciri-ciri khusus hewan kelelawar, cicak, bebek.
                                  -     Menyebutkan tempat hidup hewan kelelawar, cicak, bebek.
                                  -     Menjelaskan  hubungan khusus antara kelelawar, cicak, bebek, dengan
                                         tempat hidupnya.
Alokasi Waktu       : 6 x 35 menit (3 x pertemuan)

I.              Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri khusus hewan kelelawar, cicak, bebek.
2.    Siswa dapat menyebutkan tempat hidup hewan  kelelawan, cicak, bebek dengan tempat hidupnya.
II.           Materi Pokok
Hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungan hidupnya.
III.        Metode Pembelajaran
1.    Diskusi
2.    Tugas
3.    Tanya jawab
IV.         Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Siswa  diajak tanya jawab singkat yang berhubungan dengan materi.
Kegiatan inti
Pertemuan I
1.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dengan anggota maksimum 4 siswa.
2.    Siswa dibimbing untuk mengamati gambar yang sudah disiapkan guru, untuk  dicatat ciri-ciri khusus dari hewan kelelawar, cicak, bebek.
3.    Siswa dibimbing untuk mendiskusikan  hasil kelompoknya.
4.    Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan hasil kelompoknya.
Pertemuan II
1.    Setelah apersepsi  siswa melanjutkan kegiatan untuk mengamati untuk mengamati tempat hidup hewan berciri-ciri  khusus.
2.    Siswa dibimbing untuk mendiskusikan  hasil kerja kelompoknya.
3.    Dengan  bimbingan guru membuat kesimpulan.
4.    Setelah apersepsi  sejenak siswa diberi tugas untuk menemukan hal-hal khusus hewan kelelawar, cecak, bebek  dengan tempat hidupnya.
5.    Siswa diajak tanya jawab tentang hubungan  hewan dengan ciri-ciri khusus terhadap tempat  hidupnya.
6.    Dengan bimbingan guru siswa membuat catatan penting mengenai hubungan hewan berciri-ciri khusus dengan tempat hidupnya.
Kegiatan akhir
Setiap akhir pertemuan siswa dimantapkan dengan diberi tugas secara perorangan untuk:
1.     Menyebutkan ciri-ciri khusus hewan yang pernah dijumpai dilingkungan minimal 10 hewan. (pertemuan ke: I)
2.     Menyebutkan tempat hidup hewan yang ditemukan pada data A (pertemuan ke:II).
3.     Siswa ditugasi untuk menemukan hubungan dari data A dengan data B (pertemuan ke:III)

V.            Alat dan Sumber Bahan
1.    Gambar-gambar hewan
2.    Lingkungan sekitar
3.    Buku paket IPA. KI. VI
4.    Pengalaman guru
VI.         Penilaian
1.    Prosedur tes   : Tertulis, lisan, proses
2.    Jenis tes   : Uraian singkat
3.    Alat tes    :
Pertemuan I
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!
a.    Sebutkan ciri khusus dari hewan  kelelawar!
b.    Sebutkan ciri khusus dari hewan  cicak!
c.    Sebutkan ciri khusus dari hewan   bebek!
d.    Sebutkan ciri khusus dari hewan  bunglon!
e.    Sebutkan ciri khusus dari hewan  kadal!
Pertemuan II
Jawablah pertanyaan  di bawah ini secara lisan!
Sebutkan tempat hidup hewan di bawah ini!
a.    Kelelawar
b.    Cicak
c.    Bebek
d.    Bungklon
e.    Kadal
f.     Anjing
g.    Kucing
Pertemuan III
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
a.    Jelaskan cicak dapat berjalan di dinding!
b.    Mengapa kadal mengeluarkan kelenjar bau dari kaki belakangnya?
c.    Jelaskan manfaat gelombang ultra yang dipancarkan kelelawar pada saat terbang?
d.    Apa guna selaput jari yang ada pada kaki bebek?
e.    Apa yang dimaksud dengan mimikri dan ekolokasi?
Diskusikan ciri-ciri khusus hewan tersebut dalam hubungannya dengan lingkungan hidupnya.
Laporkan dalam diskusi kelas.
No.
Nama Binatang
Ciri-ciri Khusus
Tempat hidup
1
Kelelawar


2
Cicak


3
Bebek


4
Bunglon


5
Kadal


Kesimpulan:
………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
Kelompok
1.
2.
3.
4.
 FORMAT PENILAIAN
No. 
Kelompok
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Rata-rata
Kerja sama
Ide
Ketrampilan
1







2







3







4







5







Keterangan:
A.   Amat baik  : 9,1 - 10
B.   Baik       : 8,1 - 9
C.   Sedang   : 7,1 – 8
D.   Cukup    : 6,1 – 7
E.    Kurang : 5,1 – 6

Mengetahui                                                  TajaRaya II,………….20…
Kepala Sekolah                                            Guru Kelas


…………………………..                           TASIHAT AMAN JAYA
NIP ……………………..                           NIP 197106212006041007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar