Tulisan berjalan

"Selamat Datang di https://tasihat197.blogspot.com/"

3 November 2011

RPP MATEMATIKA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah               :  SD
Mata Pelajaran   :  Matematika
Kelas/Semester  :  VI/1


Standar Kompetensi   :  1.  Melakukan pengerjaaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar      :   1.1  Menggunakan sifat-sifat pengerjaan hitung termasuk pengerjaan hitung campuran, FPB, dan KPK.     
Indikator                     :   1.1.1 Menyelesaikan pengerjaan hitung menggunakan sifat komutatif maupun distributif.
1.1.2   Menyelesaikan perhitungan dengan cepat pada pengerjaan hitung campuran.
1.1.3   Menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan atau lebih dengan beberapa cara.
1.1.4   Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan FPB dan KPK.
Alokasi Waktu            :   10 jam pelajaran (5 kali pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
1.          Siswa dapat menyelesaikan pengerjaan hitung dengan menggunakan sifat komutatif, sifat distributif, dan sifat campuran.
2.          Siswa dapat menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih.
3.          Siswa dapat menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih.
4.          Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan FPB dan KPK.

B.     Materi Ajar
1.          Pengerjaan hitung bilangan.
2.          FPB dan KPK.

C.     Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi  :   Mengingat kembali tentang pengerjaan hitung bilangan.
Motivasi    :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan penunlahan dan pengurangan.
Kegiatan Inti
  1. Siswa diminta berdiskusi menyelesaikan beberapa contoh yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan.
  2. Guru dan siswa mendiskusikan cara cepat menyelesaikan soal yang mengandung sifat komutatif dan distributif.
  3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika VI karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 3.
Penutup
1.          Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2.          Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.          Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi  :   Membahas tugas rumah.
                     Mengingat kembali tnetang pengerjaan hitung bilangan.
Motivasi    :   Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian, maupun pembagian.
Kegiatan Inti
1.       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
2.       Melalui dialog kelompok, siswa diharapkan dapat :
a.       Menyebutkan tata urutan pengerjaan hitung bilangan.
b.       Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pengerjaan hitung campuran.
3.       Masing-masingmasing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dankelompok lain menanggapi.
4.       Guru mendemonstrasikan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pengerjaan hitung bilangan bulat.
5.       Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 5-6.
      Penutup
1.       Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2.       Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.       Guru memberi tugas rumah.
     
Pertemuan Ketiga (3 x 35 menit)
      Pendahuluan
      Apersepsi  :   Membahas tugas rumah
                           Mengingat kembali tentang FPB dan KPK.
      Motivasi    :   Konsep tentang FPB dan KPK banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

      Kegiatan Inti
1.       Siswa berdiskusi tentanga kegunaan FPB.
2.       Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya dan siswa lain menanggapi.
3.       Siswa membuat kesimpulan tentang kegunaan FPB dan cara menemukan FPB dengan bimbingan guru.
4.       Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 9-10.
Penutup
1.       Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2.       Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.       Guru memberi tugas rumah.
       
Pertemuan Keempat (2 x 35 menit)
      Pendahuluan
      Apersepsi  :   Membahas tugas rumah.
                           Mengingat kembali tentang FPB dan KPK.
      Motivasi    :   Konsep tentang FPB dan KPK banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
      Kegiatan Inti
1.       Siswa berdiskusi tentang kegunaan KPK.
2.       Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya dansiswa lain menanggapi.
3.       Siswa membuat kesimpulan tentang kegunaan KPK dan cara menemukan KPK dengan bimbingan guru.
4.       Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat kepada buku sumber Matematika VI karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 13.
Penutup
1.       Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2.       Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.       Guru memberi tugas rumah.

E.     Alat dan Sumber Belajar
Buku teks dan kapur berwarna

F.      Penilaian
Teknik tes               :   Tes tertulis
Bentuk instrumen    :   isian dan uraian
Contoh instrumen    :
1.       25 x 17 = 17 x n, n = …
2.       18 x 125 + 625 : 5 = …
3.       Tentukan FPB dan KPK dari :
a.       108 dan 180
b.       20,24 dan 80
4.       Lampu A menyala setiap detik.
Lampu B menyala setiap 6 detik.
Kapan kedua lampu akan menyala bersama?

Mengetahui                                         TajaRaya II,………….20… 
Kepala Sekolah                                   Guru Kelas

…………………………..                  TASIHAT AMAN JAYA 
NIP ……………………..                  NIP 197106212006041007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar