Tulisan berjalan

"Selamat Datang di https://tasihat197.blogspot.com/"

8 Agustus 2012

Materi KKPI SMK SN Betung


BAB I
PENGENALAN KOMPUTER
Apakah Komputer itu ?
Komputer adalah sarana alat hitung sesuai dengan artinya yaitu
berasal dari bahasa Latin “computare” (to compute atau to reckon) dan bahasa Inggris “compute”yang artinya peralatan menghitung, dengan kata lain komputer dapat didefinisikan sebagai alat elektronik yang dapat menerima masukan data (input data), mengolah data, menyimpan hasil pengolahan data dan menyajikan informasi secara cepat dan tepat.
Secara umum komputer mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
- merupakan gabungan dari peralatan elektronik
- mampu menerima, mengolah, dan menyimpan data

KETERAMPILAN MENGETIK
A. Tujuan
Yang akan dibahas mengenai perangkat input komputer yang paling banyak digunakan, yaitu
keyboard. Sebagai sebuah perangkat input, keyboard memiliki banyak fungsi yang dijelaskan secara rinci.
Diharapkan setelah mempelajari kegiatan belajar ini, Anda dapat memahami jenis – jenis keyboard serta fungsi tombol – tombol yang terdapat pada keyboard tersebut.

Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.
- mampu menghasilkan informasi sesuai perintah dari program Input device atau alat masukan adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk memasukkan
   data atau perintah ke dalam komputer
Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah
   data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut
   kepada bagian output
Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk
   menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses

B. Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita
dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke computer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:

1. Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe AT.2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.


3. Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth.
Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapatpada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang
pada port USB atau serial pada CPU.


4. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.








C. Struktur tombol pada keyboard
Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.
Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:
-          5. Tombol Ketik (typing keys)
            Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda
            baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
-          6. Numeric Keypad Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
-          7. Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
-          8. Tombol kontrol (Control keys)D. Posisi tangan pada keyboard
Secara umum, ada 2 cara peletakan tangan pada keyboard.
Posisi Pertama

Tangan Kiri
Jari Kelingking : Baris Pertama = ‘ dan 1
Baris Kedua = Tab dan Q
Baris Ketiga = Capslock dan A
Baris Keempat = Shift kiri dan Z
Baris Kelima = Ctrl dan Windows
Jari Manis : Baris Pertama = 2
Baris Kedua = W
Baris Ketiga = S
Baris Keempat = X
Jari Tengah : Baris Pertama = 3
Baris Kedua = E
Baris Ketiga = D
Baris Keempat = C
Jari Telunjuk : Baris Pertama = 4 dan 5
Baris Kedua = R dan T
Baris Ketiga = F dan G
Baris Keempat = V dan B
Ibu Jari : Baris Kelima = Alt kiri dan Spasi
Tangan kanan
Ibu Jari : Baris Kelima = Alt kanan dan Spasi
Jari Telunjuk : Baris Pertama = 6 dan 7
Baris Kedua = Y dan U
Baris Ketiga = H dan J
Baris Keempat = N dan M
Jari Tengah : Baris Pertama = 8
Baris Kedua = I
Baris Ketiga = K
Baris Keempat = ,
Jari Manis : Baris Pertama = 9
Baris Kedua = O
Baris Ketiga = L
Baris Keempat = .
Jari Kelingking : Baris Pertama = 0, -, = dan
BackSpace
Baris Kedua = P, [ dan ]
Baris Ketiga = L, ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat = / dan shift kanan

Posisi Kedua

Tangan Kiri
Jari Kelingking : Baris Pertama = ‘ dan 1
Baris Kedua = Tab dan Q
Baris Ketiga = Capslock dan A
Baris Keempat = Shift kiri dan Z
Baris Kelima = Ctrl dan Windows
Jari Manis : Baris Pertama = 2 dan 3
Baris Kedua = W
Baris Ketiga = S
Baris Keempat = X
Jari Tengah : Baris Pertama = 4
Baris Kedua = E
Baris Ketiga = D
Baris Keempat = C
Jari Telunjuk : Baris Pertama = 5 dan 6
Baris Kedua = R dan T
Baris Ketiga = F dan G
Baris Keempat = V dan B
Ibu Jari : Baris Kelima = Alt kiri dan Spasi
Tangan kanan
Ibu Jari : Baris Kelima = Alt kanan dan Spasi
Jari Telunjuk : Baris Pertama = 7 dan 8
Baris Kedua = Y dan U
Baris Ketiga = H dan J
Baris Keempat = N dan M
Jari Tengah : Baris Kedua = I
Baris Ketiga = K
Baris Keempat = L
Jari Manis : Baris Pertama = 9
Baris Kedua = O
Baris Ketiga = L
Baris Keempat = .
Jari Kelingking : Baris Pertama = 0, -, = dan BackSpace
Baris Kedua = P, [ dan ]
Baris Ketiga = ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat = / dan shift kanan
Baris Kelima = Windows, left click dan ctrl kanan

Keyboard Shortcut
Kunci shortcut berfungsi untuk mengakses perintah dengan menggunakan keyboard, yang sebagian besar mengacu pada layout keyboard U. S. Untuk sebagian pengguna yang sudah banyak mengetahui kombinasi kunci-kunci ini biasanya lebih senang bekerja tanpa menggunakan mouse. Karena akan banyak menghemat waktu dan mempercepat pekerjaan.

Di bawah ini terdapat daftar kombinasi kunci pada keyboard yang sering digunakan untuk mengeksekusi perintah dalam aplikasi MS Word.

Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).SIKAP DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Perkembangan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini sangat pesat khususnya untuk perangkat audiovisual, mobile-phone dan komputer.
Teknologi tersebut telah mengubah cara hidup masyarakat dan berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia.
Keunggulan manusia sangat tergantung pada upaya memberdayakan kapasitas intelektualnya. Kapasitas intelektual sebagai wujud kemampuan akal akan semakin tangguh manakala daya itu terpadu dengan akhlak mulia sehingga akhlak dan akal terintegrasi dalam optimalisasi fungsi. Penciptaan dan pengunaan perangkat komputer yang telah meningkatkan kapasitas, kecepatan, ketepatan berpikir akan semakin bermanfaat manakala disadari pula oleh kesadaran bahwa semua itu tumbuh dari kekuatan yang Tuhan limpahkan kepada manusia.
Sukses yang sesungguhnya dalam menguasai bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi harus berlandaskan keikhlasan karena Yang Maha Pencipta, kemauan untuk bekerja keras, dan melakukan kerja cerdas dengan bantuan teknologi. Dengan perangkat ini pula, manusia meningkatkan potensi individunya melalui kerjasama sebagai makhluk sosial.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dipersiapkan untuk mengantisipasi dampak perkembangan teknologi khususnya bidang informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Etika dan Moral dalam Menggunakan TIK
Semua hasil karya atau ciptaan seseorang yang bermanfaat tentunya membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit, baik waktu, harta, ketelitian, ataupun pikiran yang matang. Sebagai orang yang menggunakan hasil karya orang lain, kita hendaknya mempunyai etika dan moral yang tinggi dalam menghargai Hak Cipta orang lain tersebut. Dalam arti kata, tidak akan berbuat
sesuatu yang dapat merugikan terhadap hasil ciptaan orang lain, misalnya membajak atau memalsukan karya seseorang.
Berkaitan dengan perangkat lunak (program komputer) yang merupakan hasil karya orang lain, maka sepatutnya program tersebut dihargai secara etika dan moral bahwa itu adalah hak orang lain.
Keberadaan TIK khususnya komputer sangat dibutuhkan masyarakat untuk mempercepat dan mempermudah penyelesaian suatu pekerjaan. Penciptaan program komputer bukanlah pekerjaan yang mudah, sehingga pembuatan program tersebut perlu dipatenkan agar tidak disalahgunakan oleh orang lain, dan kita perlu memberikan penghargaan kepada penciptanya.
Penghargaan kepada karya orang lain khususnya pembuat perangkat lunak
(program komputer) dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :
- menggunakan program komputer yang asli
- tidak mengubah, menambah atau mengurangi hasil karya orang lain
- tidak membajak atau menggandakan tanpa ijin
- tidak menyalahgunakan program komputer untuk kejahatan.

Undang-undang Hak Cipta
Dalam melindungi karya yang telah diciptakan oleh seseorang dari berbagai pelanggaran berupa pemalsuan, pembajakan, atau pengedaran tanpa ijin, maka pemerintah Indonesia mengeluarkan Undang-undang tentang Hak Cipta.
Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya atau memberikan ijin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Undang-Undang tentang Hak Cipta terbaru yang mengatur tentang Ilmu Pengetahuan, Seni dan Sastra adalah : UU No.19 tahun 2002

1.Sanksi Pelanggaran Undang-Undang Hak Cipta
Pencipta atau Pemegang Hak Cipta atas karya program komputer memiliki hak untuk memberikan ijin atau melarang orang lain yang tanpa persetujuannya menyewakan Ciptaan tersebut untuk kepentingan komersiil. Sanksi pidana bagi pelanggar UU Hak Cipta yang tertuang dalam Pasal 72 ayat 2UUNo.19 tahun 2002 yaitu :
Barang siapa yang sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu Ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta, dikenai pidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah)

2.Masa Berlaku Hak Cipta
Pasal 30 UU No.19 tahun 2002 menyatakan bahwa masa berlakunya Hak Cipta atas ciptaan Program Komputer dan Database adalah 50 (lima puluh) tahun sejak pertama kali diumumkan.
Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Perangkat TIK
1. Posisi Duduk
Pada saat duduk posisi duduk tidak terlalu menunduk atau menengadah, pandangan mata sejajar dengan monitor, jangkauan tangan dengan keyboard dan mouse tidak terlalu menyulitkan, dan siku membentuk 90 .

2.Jarak Pandang terhadap Monitor
Jarak pandang mata dengan layar monitor disesuaikan dengan ukuran (diagonal) monitor yang digunakan. Semakin besar ukuran monitor yang dipakai, maka jarak pandang semakin jauh dibandingkan jika menggunakan ukuran monitor yang lebih kecil. Jarak minimal pandangan mata dengan layar monitor kira-kira1½x diagonal layar monitor. Sebagai contoh, jarak pandangan mata dari layar monitor 15” (diagonal 38 cm) adalah 1½ x 38 cm = 57 cm. Sehingga jarak minimal pandangan mata dengan layar monitor yang ukurannya 15” adalah sekitar 60 cm.

3.Memilih Jenis Monitor yang Baik
Monitor yang umumnya banyak dipakai adalah jenis tabung gambar (CRT) yang harganya relatif murah, tetapi memiliki efek radiasi lebih tinggi. Alternatif lain adalah menggunakan monitor jenis LCD (monitor flat) yang mempunyai efek radiasi rendah dan butuh daya listrik lebih kecil. Namun jenis LCD masih sedikit dipakai karena harganya relatif masih mahal. Pada monitor jenis tabung gambar (CRT), untuk mengurangi radiasi monitor serta menjaga agar tidak menimbulkan gangguan dan mengurangi kelelahan pada mata, pada monitor ditambah kaca peredam

4.Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar
Pengoperasian komputer secara benar dapat memperbaiki kinerja komputer dari sisi perangkat keras dan perangkat lunak, terutama pada saat mematikan komputer. Kebiasaan mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur (tombol power dimatikan mendadak) dapat mengakibatkan kerusakan terutama pada hardisk dan gangguan pada filefile sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar