Satuan Pendidikan : SD
Kelas/ Semester :
IV/ 2 (Dua)
Tema/
Subtema : Indahnya Negeriku/
Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/PB 1
Alokasi Waktu :
1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas
keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan
tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial.
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan
sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator:
3.4.1 Menceritakan teks cerita petualang dengan menggunakan kata-kata
sendiri
4.4.1 Membuat kalimat dengan menggunakan kosa kata baku.
Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan
mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta
bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.7 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan
desimal.
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen.
Indikator:
3.7.1 Menjelaskan
operasi penjumlahan dengan bilangan desimal.
3.7.2 Menjelaskan
operasi pengurangan dengan bilangan desimal.
4.2.1 Mengoperasikan
penjumlahan bilangan desimal dan persen.
4.2.2 Mengoperasikan
pengurangan bilangan desimal dan persen.
IPA
Kompetensi Dasar:
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan
dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan,
teknologi, dan masyarakat.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya
oleh masyarakat.
Indikator:
3.7.1 Membedakan
hewan langka dan tidak langka.
4.6.1 Menyimpulkan
laporan berita perburuan hewan langka.
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat membedakan
hewan langka dan tidak langka dengan cermat dan teliti.
2.
Berdasarkan teks petualangan, siswa dapat
menyimpulkan berita perburuan hewan langka menggunakan kata-kata sendiri dengan
bahasa yang santun dan tanggung jawab.
3.
Dengan membaca pemahaman teks, siswa dapat
menceritakan kembali teks petualangan menggunakan kata-kata sendiri dengan
bahasa yang santun dan tanggung jawab.
4.
Berdasarkan teks
petualangan, siswa dapat memilih dan memilah kosakata baku dengan cermat dan
teliti.
5.
Dengan memilih kosakata baku, siswa dapat
menerapkannya dalam kalimat secara terstruktur dengan cermat dan teliti.
6.
Setelah menganalisis tabel dan mendengarkan
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan penjumlahan bilangan desimal dan persen
dengan teliti.
7.
Dengan menganalisis tabel dan mendengarkan
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan pengurangan bilangan desimal dan
persen dengan teliti.
8.
Dengan
menggunakan tabel, siswa dapat mengoperasikan penjumlahan
bilangan desimal dan persen dengan teliti.
9.
Dengan menggunakan tabel, siswa dapat mengoperasikan pengurangan
desimal dan persen dengan teliti.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Bercerita
tentang informasi dari petualangan (Buku siswa halaman 4)
2.
Penjumlahan
dan pengurangan bilangan desimal dan persen (Buku Siswa halaman 2 dan 6).
3.
Hewan
langka dan tidak langka (Buku siswa halaman 2-3).
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode
: tanya jawab dan diskusi
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi,
eksperimen,
mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan).
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media
dan Alat : Gambar-gambar hewan langka
dan tidak langka, teks cerita Perburuan Liar Ancam Macan Tutul Ujung Kulon.
2.
Sumber:
Afriki
dkk. 2013. Buku Siswa Tema 6 “Indahnya
Negeriku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan
menanyakan kabar mereka.
2. Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin
doa
3. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi
guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4. Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat
dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan
apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang
sederhana dan dapat dipahami.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar yang terdiri dari hewan langka dan tidak
langka (mengamati).
2.
Siswa membuat pertanyaan yang mereka anggap penting berdasarkan
gambar tersebut (menanya).
3.
Siswa saling mempertukarkan pertanyaan tersebut dengan pasangan yang
telah ditentukan oleh guru (mengkomunikasikan).
4.
Siswa mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang telah mereka tulis
dengan pasangan masing-masing (menalar).
5.
Siswa mengelompokkan hewan tersebut berdasarkan langka atau tidak
langka pada tabel yang telah disediakan (manalar).
6.
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (menalar).
7.
Siswa membaca teks Perburuan Liar Ancam Macan Tutul di Ujung
Kulon (mengumpulkan informasi).
8.
Setelah membaca teks, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam
buku siswa (menalar).
9.
Siswa menceritakan kembali teks petualangan menggunakan kata-kata
sendiri (mengkomunikasikan).
10.
Siswa memilih 10 kosakata baru yang belum mereka pahami artinya (mengumpukan informasi).
11.
Siswa mencari arti kata-baru baru tersebut di kamus dan menuliskan
pada lembar yang telah disediakan (eksperimen dan mengkomunikasikan).
12.
Siswa membuat 5 kalimat menggunakan kosakata baru tersebut (mengkomunikasikan).
13.
Dengan panduan guru, siswa menelaah tabel yang berisikan data
tentang jumlah jam tidur hewan (menalar).
14.
Siswa mendiskusikan data yang mereka telaah dalam kelompok (menalar).
15.
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (menalar).
16.
Siswa mempertukarkan jawaban dengan pasangan (mengkomunikasikan).
17.
Siswa menjelaskan cara mereka menjawab pertanyaan dengan pasangan (mengkomunikasikan).
|
155 Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa barsama-sama guru membuat rangkuman/ simpulan dari kegiatan
hari itu.
2.
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat
dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari pada hari tersebut, bagian yang
sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum dipahami, serta hal apa
yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
3.
Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
|
10 Menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian
Sikap: cermat, teliti, dan tanggungjawab
b.
Penilaian
Pengetahuan : kuis
c.
Penilaian
Keterampilan: menceritakan
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Lembar Penilaian Sikap
No
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap
|
|||||||||||
Cermat
|
Teliti
|
Tanggungjawab
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Beni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Siti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Dayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1:tidak pernah ditunjukkan; 2: kadang-kadang ditunjukkan; 3: sering ditunjukkan;
4:selalu ditunjukkan
Berilah dengan tanda centang (ü) pada kolom yang sesuai.
|
b.
Lembar Penilaian Pengetahuan
Penilaian IPA dengan Daftar Periksa
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu menuliskan 5 contoh hewan tidak langka
|
|
|
2.
|
Siswa mampu menuliskan 5 contoh hewan langka
|
|
|
3.
|
Siswa mampu menuliskan perbedaan hewan langka dan tidak langka
|
|
|
4.
|
Siswa mampu menyimpulkan tentang penyebab kelangkaan hewan
|
|
|
Daftar Periksa:
Memilih dan Memilah Kosa Kata Baku
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu memilih dan memilah 10 kosa kata baku dari teks cerita
petualangan
|
|
|
2.
|
Siswa mampu menemukan dan menuliskan arti kosakata baku berdasarkan
Kamus Besar Bahasa Indonesia
|
|
|
3.
|
Siswa mampu menuliskan 5 kosakata baku dalam kalimat yang runtut
|
|
|
c.
Lembar Penilaian Keterampilan
Penilaian Bahasa Indonesia
Rubrik: Menceritakan Kembali Teks
Petualangan
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih Lagi
|
Struktur Cerita
|
Memuat awal, pertengahan, dan akhir cerita dengan lengkap
|
Memuat awal, pertengahan, dan akhir cerita, namun kurang lengkap
|
Cerita tidak memuat salah satu aspek (awal, pertengahan, atau akhir)
|
Latar Cerita
|
Memuat latar (setting)
dalam cerita yang ditulis secara detail
|
Memuat latar (setting) cerita, namun kurang detail
|
Tidak memuat latar (setting) dalam cerita
|
Tokoh Cerita
|
Memuat nama tokoh dengan lengkap
|
Memuat nama tokoh, namun kurang lengkap
|
Tidak memuat tokoh cerita
|
Keruntutan
|
Seluruh kalimat runtut
|
Terdapat 1-2 kalimat yang tidak runtut
|
Terdapat 3 atau lebih kalimat yang tidak runtut
|
Catatan: Centang (√)
pada bagian yang memenuhi kriteria.
.............,
.............2013
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
................................. ...................................
NIP. NIP.
Refleksi:
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus
diperbaiki dan ditingkatkan
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Remedial:
Memberikan remedial bagi siswa
yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan:
Memberikan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar