Tulisan berjalan

"Selamat Datang di https://tasihat197.blogspot.com/"

17 Agustus 2014

RPP K13 Kelas 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA SEKOLAH          :  SDN 9 Betung
KELAS/ SEMESTER       :  II / 1
TEMA                               :  2Bermain di Lingkunganku
SUB TEMA                      :  1.  Bermain di Lingkungan Rumah
PEMBELAJARAN          :  1
ALOKASI WAKTU        :  1 hari (6 x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata  bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Indikator
3.2.5 Mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
3.2.8 Mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain dengan topik tertentu.
4.2.2 Menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan EYD
   yang benar

Matematika
3.3  Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan benda konkret, symbol atau penjumlahan/
 pengurangan bilangan hingga satu angka.
4.5  Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang,
perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa
kebenaran jawabannya.
Indikator
3.3.1 Menetukan suku yang  belum diketahui dari kalimat metematika yang berkaitan dengan
   penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 2 suku).
4.5.1 Memberikan alas an yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan

PPKn
3.3. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin
3.3.2 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran
4.3.1 Menceritakankeberagaman dengan anggota keluarga. (berbeda jenis kelamin, kegemaran dan
   Sifat / karakter)

SBDP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar.
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi bahanbahan dalam membuat karya seni rupa.
4.1.4 Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati gambar tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat.
2.      Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
3.      Dengan teks percakapan Tiur dan Beni, siswa dapat melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan dengan cermat.
4.      Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran dengan percaya diri.
5.      Dengan cerita yang telah dilengkapi, siswa dapat mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat.
6.      Dengan melengkapi cerita tentang dirinya sendiri, siswa dapat menceritakan keberagaman anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) berdasarkan teks percakapan dengan percaya diri.
7.      Dengan penugasan guru, siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang digunakan pada aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat dan bertanggungjawab.
8.      Dengan contoh cerita narasi bermain rumah kartu, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan menggunakan tulisan tegak bersambung dan EYD yang tepat.
9.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) dengan percaya diri.
10.  Dengan bimbingan guru, siswa dapat memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan dengan percaya diri.
11.  Dengan penugasan guru, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya senirupa gambar ekspresif dengan cermat.
12.  Dengan penugasan guru, siswa dapat menggambar ekspresif aktivitas bermain di rumah dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur dengan cermat dan bertanggung jawab.

D.    MATERI
  Hidup rukun
  Kegiatan sehari-hari di rumah
  Membuat karya seni rupa
  Penjumlahan bilangan bulat

E.     PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
        Pendekatan     : Scientific
        Strategi            : Cooperative Learning
        Teknik             : Example Non Example
        Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

F.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER BAHAN
1. Gambar Beni bermain menyusun rumah kartu dengan Tiur.
2. Gambar Beni berbaring di tempat tidur dan Tiur disampingnya.
3. Gambar tumpukan rumah kartu.
4. Gambar kelereng merah dan kelereng biru.
5. Gambar berbagai garis, warna, bentuk dan tekstur.

G.    LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucap salam dan membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.      Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa
3.      Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.      Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru  kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas  Beni bermain di rumah (mengamati).
2.      Siswa mengamati gambar Beni dan Tiur menyusun rumah kartu di atas meja di ruang TV (mengamati).
3.      Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar Beni dan Tiur menyusun rumah kartu di atas meja di ruang TV (menanya).
4.      Siswa menukarkan dan mendiskusikan jawaban pertanyaan yang dibuatnya dengan teman sebangku (mengumpulkan informasi).
5.      Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah berdasarkan gambar yang diamati (mengumpulkan informasi).
6.      Siswa mengamati gambar pada teks percakapan Beni dan Tiur (mengamati).
7.      Siswa membaca teks percakapan Beni dan Tiur (mengamati).
8.      Siswa bertanya jawab tentang keberagaman anggota  keluarga menurut jenis kelamin berdasarkan jenis kelamin tokoh pada teks percakapan (menanya).
9.      Siswa bertanya jawab menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan isi percakapan Beni dan Tiur (menanya).
10.  Siswa diarahkan guru untuk menceritakan kembali isi percakapan Beni dan Tiur dengan percaya diri.
11.  Siswa melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan Beni dan Tiur. (mengumpulkan informasi).
12.  Siswa mencatat hal-hal pokok dari teks cerita percakapan Beni dan Tiur di lingkungan rumah yang sudah dilengkapi (mengumpulkan informasi).
13.   Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) dengan melengkapi cerita tentang dirinya sendiri (mengomunikasikan).
14.  Siswa diarahkan oleh guru mengelompokkan kegiatan yang bisa dilakukan di rumah dan benda-benda yang diperlukan dengan percaya diri. (mengumpulkan informasi)
15.  Siswa mengelompokkan benda-benda yang digunakan pada aktivitas bermain di lingkungan rumah (mengumpulkan informasi).
16.  Siswa menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan tulisan tegak bersambung (mengomunikasikan).
17.  Siswa mengamati gambar kelereng merah dan biru di dalam buku (mengamati).
18.  Siswa menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) (mencoba).
19.  Siswa memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan (mencoba).
20.  Siswa diarahkan guru berkreasi membuat gambar ekspresi dengan percaya diri (mengomunikasikan).
21.  Siswa mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya senirupa gambar ekspresif (mengum pulkan informasi).
22.  Siswa menggambar ekspresif aktivitas bermain dengan anggota keluarga dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar dengan mengolah garis, warna,bentuk, dan tekstur (mengomunikasikan).
Pengayaan
a. Jika siswa sudah bisa menentukan suku kata yang
    belum diketahui dari kalimat
    matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas
    kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku)
    dan memberi alasan yang berkaitan dengan nilai
    kebenaran suatu kesamaan maka
    mengerjakan soal tambahan dari guru.
b. Jika siswa sudah mampu menggambar ekspresif maka
    guru memberikan latihan
    lanjutan menggambar ekspresif dengan variasi berbeda.
c. Jika siswa sudah mahir menulis narasi maka guru
    memberikan tugas tambahan kepada siswa.

Remedial
a. Guru mengulang kegiatan menentukan suku kata yang
    belum diketahui dari kalimat
    matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas
    kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku)
    dan memberi alasan yang berkaitan dengan nilai
    kebenaran suatu kesamaan bagi
    siswa yang belum memahami.
b. Guru memberikan tugas perbaikan bagi siswa yang
    belum bisa menggambar ekspresif.
c. Guru memberikan perbaikan bagi siswa yang belum
    bisa menulis narasi.

190 Menit
Penutup
1.      Siswa barsama-sama guru membuat rangkuman/ simpulan dari kegiatan hari itu.
2.      Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari pada hari tersebut, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum dipahami, serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
3.      Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
10 Menit

H.   Penilaian
1. Tekhnik Penilaian
a.       Penilaian Sikap                  : Cermat, teliti dan tanggungjawab
b.      Penilaian Pengetahuan      : Kuis
c.       Penilaian Keterampilan     : Menceritakan
a)      Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5













6













7













2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian: Penskoran
Cermat Percaya diri Bertanggungjawab
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
a. Melengkapi kalimat berdasarkan teks percakapan keberagaman anggota keluarga di
rumah.
Banyak soal : 4 buah
Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
1) Tidak sabar (skor 25) Baik dan penyayang
2) Bermain bola kaki (skor 25) Menggambar
3) Tidak sehat atau sakit (skor 25) Sehat
4) Jawaban berdasarkan pendapat siswa (skor 25)

b. Melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan
Banyak soal : 6 buah
Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
1) Sakit (skor 16)
2) Istirahat (skor 16)
3) Bosan (skor 16)
4) Sayang (skor 16)
5) Menggambar (skor 16)
6) Rukun (skor 20)



Mengetahui                                                                 Betung, …. Juli 2014
Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas II



Sujiah, S.Pd.SD                                                          Tasihat Amanjaya, S.Pd

NIP                                                                             NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar