Kendaraan bermotor saat ini memang sudah sangat lekat dengan
kehidupan kita, tanpanya, mobilitas dan aktivitas kita tidak akan berjalan
lancar. Oleh karenanya kita sangat perlu untuk memahami kendaraan kita agar
mereka selalu dalam kondisi siap ketika akan kita pergunakan. Dan mari bersama
kita belajar cara kerja mesin kendaraan bermotor supaya kita tau gimana sih
cara kerjanipun, kepriwe kepriben supaya mesin awet dan kepiye melakukan
tindakan perbaikan. Mari kita belajar bersama dan saling melengkapi dan
membenarkan jika ada yang kurang tepat.
Mesin kendaraan bermotor secara garis besar dapat
diklasifikasikan menjadi dua macam (memang sekarang ada mesin pake motor
listrik tapi belum akan dibahas disini). Yaitu mesin 4 tak atau disebut
4 langkah atau 4 stroke dan mesin 2 tak atau mesin 2 langkah atau mesin
2 stroke. Yang akan dibahas disini cuman mesin2 berbahan bakar minyak alias BBM
mohon maklum. Nah sebelum belajar cara kerjanya, alangkah baiknya kalo mengenal
dulu bagian2 mesin (alon2 waton kelakon). Kiye tiliki bae gambar berikut
Gambar 1. Penampang mesin tegak 4 tak SOHC
Itu gambar berdasarkan istilah orang2 bule, nek diterjemahin
ke bahasa Indonesa, lain lagi, tar di masing2 daerah bisa lain lagi namanya.
Ini istilah umum di Indonesia aja, sekalian fungsinya:
A. Katup atau klep masuk/hisap. Itu ada per dan pelatuknya (rocker
arm).
Buat ngatur buka tutupnya saluran hisap (C). Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal.
Buat ngatur buka tutupnya saluran hisap (C). Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal.
B. Penutup klep ya bisa juga disebut engine cover
atau penutup mesin biar rapi lah.
C. Saluran hisap.
Ini saluran untuk memasukkan campuran udara dan bahan bakar. Waktunya diatur oleh klep masukan pada butir A. (KAYA UUD AJA)
Ini saluran untuk memasukkan campuran udara dan bahan bakar. Waktunya diatur oleh klep masukan pada butir A. (KAYA UUD AJA)
D. Blok silinder ya blok silinder.
E. Pendingin silinder, bisa cairan (radiator) atau kisi2
(sirip2).
Asalkan Anda tau, mesin itu suangat puwanas karena di dalamnya memang dilakukan pembakaran BBM untuk menghasilkan daya, semakin panas, efisiensi mesin akan turun dan membuat komponen mesin melar, jadi nggak presisi dan nek overheat jg bs merusak mesin. So wajib dikasih pendingin dah tuh mesin.
Asalkan Anda tau, mesin itu suangat puwanas karena di dalamnya memang dilakukan pembakaran BBM untuk menghasilkan daya, semakin panas, efisiensi mesin akan turun dan membuat komponen mesin melar, jadi nggak presisi dan nek overheat jg bs merusak mesin. So wajib dikasih pendingin dah tuh mesin.
F. Blok mesin ya blok mesin.
G. Wadah oli.
Jadi klo kita nuang oli dari lubang masukan oli mesin, ditampungnya di sini.
Jadi klo kita nuang oli dari lubang masukan oli mesin, ditampungnya di sini.
H. Genangan oli.
Genangannya tergantung seberapa banyak kita nuang oli ke mesin bisa 800mL , 1L, 4L dLL
Genangannya tergantung seberapa banyak kita nuang oli ke mesin bisa 800mL , 1L, 4L dLL
I. As/poros kam atau noken as kata orang2 bengkel.
Ini buat ngatur timming si klep masuk(A) dan klep buang(J), kapan mereka harus membuka atau menutub. Pada mesin ada dua macem camshaft, yaitu:
Ini buat ngatur timming si klep masuk(A) dan klep buang(J), kapan mereka harus membuka atau menutub. Pada mesin ada dua macem camshaft, yaitu:
SOHC (single
overhead camshaft) jadi camshaft cuman atu aja di dalem mesin dan
tongolannya (dalam 1 silinder, rocker arm yang terpasang di camshaft
ada dua, buat melatuk klep masuk dan buang) SOHC kaya terlihat di gambar 1.
DOHC (dual apa
dobel,lupa overhead camshaft) nah ini berarti ada dua batang camshaft
di dalem mesin (masing2 camshaft cuman mengurusi 1 klep aja, klep masuk
atau buang, jadi tongolan (dalam 1 silinder , rocker arm nya tetep dua,
tapi satu nempel di camshaft yang ngurusin klep masuk, satu lagi nempel
di camshaft yang ngurusin klep buang). Contoh mesin DOHC di gambar no 2
di bawah ntar.
Ni ada animasi camshaft yang sedang berputar menggerakkan
rocker arm dan rocker arm tersebut memicu katup in dan out supaya
membuka dan menutup
J. Katup atau klep buang atau keluar. Itu ada per dan
pelatuknya (rocker arm) juga.
Buat ngatur buka tutupnya saluran buang (L). Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal.
Buat ngatur buka tutupnya saluran buang (L). Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal.
K. Busi, buat
memercikkan atau menghasilkan api supaya campuran udara dan BBM terbakar,
meledak dan mendorong piston untuk melakukan langkah usaha.
L. Saluran buang.
Ini saluran untuk “NGELUARIN” (knapa harus tanda kutip?):p hasil pembakaran campuran udara dan bahan bakar tadi. Waktunya diatur oleh klep keluaran pada butir J. (KAYA UUD LAGI)
M. Piston atau orang nyebut seher, seker torak
semua sama, padha bae sami mawon.Ini saluran untuk “NGELUARIN” (knapa harus tanda kutip?):p hasil pembakaran campuran udara dan bahan bakar tadi. Waktunya diatur oleh klep keluaran pada butir J. (KAYA UUD LAGI)
Fungsinya ya untuk membuat gerakan naik turun (hush jgn
ngeres!).
Nek turun membuat silinder vakum, jadi campuran udara dan BBM masuk ke silinder lewat saluran hisap (tentu disertai pembukaan klep masuk dan si klep buang ditutup. Ini disebut langkah hisap.
Nek turun membuat silinder vakum, jadi campuran udara dan BBM masuk ke silinder lewat saluran hisap (tentu disertai pembukaan klep masuk dan si klep buang ditutup. Ini disebut langkah hisap.
Trus piston naik lagi menekan campuran udara dan BBM tadi,
tekanannya jadi sangat tinggi dan sangat mudah terbakar… Ini disebut langkah
kompresi, kedua klep kondisinya menutup kedua saluran.
Trus saatnya pembakaran, kedua klep kondisinya masih menutup
kedua saluran. Dan sekarang saatnya busi meletikkan api dan… dhuwar… piston
tertekan ke bawah lagi sekaligus melakukan usaha, makanya ini disebut langkah
usaha.
Trus gerakan terakhir piston naik lagi, sisa2 pembakaran
didorong keluar melalui saluran buang, otomatis klep buang terbuka dan klep
masuk ditutup. Ini disebut langkah buang.
La trus silinder tu sbnrnya apaan? Silinder ya ruangan jalur naik turunnya piston. Ruangan
vakum di atas piston, (ketika piston sedang turun) sering disebut ruang bakar.
Ruang bakar juga merupakan bagian dari silinder.
N. Stang seher
begitu orang bengkel sering bilang. Ini gunanya untuk,,,aduhh,,, :p
Buat meneruskan gerakan linier dari piston (naik turun) supaya bisa jadi gerakan memutar di crankshaft (P).
Buat meneruskan gerakan linier dari piston (naik turun) supaya bisa jadi gerakan memutar di crankshaft (P).
O. Titik pertemuan antara stang seher dengan crankpin
bagian dari crankshaft atau kruk as.
P. Kruk as
ini buat nerusin gerakan dari piston, kruk as itu panjang. Disepanjang kruk as
terpasang crankpin (hubungan dg stang seher) dan ada juga flywheel
atau roda gila, dia berfungsi mengisi daya ketika piston sedang enggak
melakukan langkah usaha. Berarti yang mengisi daya ketika langkah
hisap,buang maupun kompresi adalah si flywheel ini. Ini ada animasi lagi, crankshaft berwarna merah, silinder biru, piston abu2, dan flywheel item
Ini ada gambar lagi, 3 dimensi bro…tu disitu keliatan camshaftnya
dua karena ini mesin DOHC
Gambar 2. 3D mesin mobil 4 tak, 4 silinder, DOHC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar