- Belajar/ Berlatih Semaphore (Berseri), Animasi menarik
- Halaman 2
- Semua Halaman
Halaman 1 dari 2
- Materi ini lebih interaktif disertai animasi yang lebih menarik dan memperjelas keterangan yang ada. Materi ini berlanjut dan akan diupdate setiap satu minggu.
- Nantikan software berlatih dan bermain semaphore Semplay v.01 bulan mendatang.
- dan yang penting halaman ini boleh dicopy paste dengan mencantumkan link sumber halaman ini. Semoga bermanfaat.
LATIHAN SEMAPHORE I
pramukaklaten.or.id
Materi pendahuluan lihat di sini
Materi :
- Lingkaran Semaphore I = A, B, C, D, E, F, G.
- Bentuk bendera
- Cara memegang bendera
- Sikap sempurna
Kegiatan Latihan :
1.
|
Kenalkan dan tunjukkan bendera semaphore dan peragakan cara memegang
Cara memegang tongkat bendera adalah : tongkat dipegang dengan tangan, jari telunjuk lurus tongkat (tidak ikut menggenggam tongkat). Ini untuk menjaga agar posisi tongkat segaris lurus dengan tangan kita. Selama mengirim isyarat tangan dan lengan dijaga tetap lurus dengan tongkat bendera. Gerakan bertumpu pada sendi peluru di bahu.
| |
2.
|
Memperagakan sikap sempurnanya mengirim semaphore
Sikap badan adalah : berdiri tegak, kaki dibuka (kangkang), pada
saat tidak mengirim isyarat bendera disilangkan didepan kaki. (maaf gambar ilustrasi kaki tidak membuka) | |
3.
|
Pembina memperagakan isyarat huruf pada lingkaran semphore I, secara urut sambil mengucapkan nama huruf.
Ulangi lagi secara urut, peserta didik mengucapkan huruf yang diperagakan pembina.
| |
4.
|
Pembina memperagakan isyarat huruf pada lingkaran semphore I, secara acak peserta didik mengucapkan huruf yang diperagakan pembina
Ulangi, sampai semua peserta didik benar-benar hapal , baru dilanjutkan langkah berikutnya
| |
5.
|
Peserta didik mengucapkan kata yang diperagakan pembina.
Kosa Kata, misal = DADA – ABA – ADE – GAGAB – BABE – BECA – FACE. Ingat awal dan akhir kata diperagakan isyarat sikap sempurna/ interval.
| |
6.
|
Pembina mempergakan pengiriman kalimat, dan menjelaskan bahwa setiap pengiriman kata dalam kalimat dihunakan spasi dengan isyarat sikap sempurna/ interval.
Pembina menanyakan bunyi kalimat yang telah dikirim kepada perorangan. Selanjutnya peserta didik juga dapat memperagakan pengiriman kata dengan kosa kata yang ada. Ulangi bergantian orang sampa semua menguasai materi
| |
7.
|
Peragakan dan lombakan dengan gerakan yang lebih cepat untuk mengasah ingatan dan tanggapan pandangan peserta didik. Mengakhiri latihan I dapat diperagakan ulang dengan kosa kata yang lebih banyak dan menambah kecepatan pengirimannyanya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar