Tulisan berjalan

"Selamat Datang di https://tasihat197.blogspot.com/"

8 Juni 2013

Kurikulum Kelas 6

Sahabat Lavender cs kali ini saya akan memberikan contoh kurikulum KTSP. Kurikulum kelas ini saya buat berdasarkan kurikulum sekolah Semoga ini bisa menjadi panduan bagi kita guru untuk membuat kurikulum kelas. Semoga Bermanfaat 

BAB I
PENDAHULUAN
A. RASIONAL
Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perobahan dan pembaharuan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam kegiatan ini kurikulum sekolah dasar pun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru, sehingga mengalami perubahan-perubahan kebijakan.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan UU No 20 Tahun2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pada pasal 36 ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsif diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan KTSP.
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia
No 19 Tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.
            Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan kelas VI  dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh guru kelas VI dan dibantu oleh  kawan-kawan dewan guru  di bawah koordinasi dan supervise Kepala Sekolah, Pada akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen yang baru akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif dan mampu membangkitkan aktivitas serta kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulum (guru) yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajaran. Di samping itu para pendidik juga hendaknya mampu menyiapkan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasikkan bagi anak, sehingga anak betah di sekolah. Maka pembelajaran di sekolah dasar hendaknya bersifat mendidik. Mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan dan mengasyikkan. Dengan spirit inilah kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di kelas VI.

B. LANDASAN
LANDASAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
  1. UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Pemendiknas No.22 / 2006 tentang Standar Isi
  4. Pemendiknas No.23 / 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
  5. Pemendiknas No.24 / 2006 dan No.6 / 2007 tentang pelaksanaan Permendiknas No.22 dan No 23 / 2006
  6. Pemendiknas No.20 / 2007 tentang Standar Penilaian
  7. Pemendiknas No.19 / 2007 tentang Standar Pengelolaan
  8. Pemendiknas No.41 / 2007 tentang Standar Prose
  9. Pemendiknas No.12,13 dan 16 / 2007 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  10. Panduan Pengembangan diri oleh BSNP tahun 2006
  11. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah tahun 2006.
C. Standar Kompetensi Lulusan ( SKL )
  1. Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan Dasar
  2. Tujuan Pendidikan Dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
  3. Tujuan Pendidikan Dasar  
1.  Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak.
2.  Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
3.  Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya.
4.  Menghargai keberagamaan agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di
     lingkungan sekitar.  
5.  Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif.
6.  Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis dan kreatif dengan bimbingan guru.
7.  Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya.
8.  Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari
     hari.
9.  Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar.
           10. Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan.
           11. Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, Negara dan tanah air
     Indonesia.
           12. Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya local.
           13. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehatbugar, aman dan memanfaatkan waktu
     luang.
           14. Berkomunikasi secara jelas dan santun          
           15. Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam
     lingkungan keluarga dan teman sebaya. 
           16. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis.
           17. Menunjukkan ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berhitung.

D. Prinsip Pengembangan KTSP
            1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dalam
    lingkungannya.
2. Beragama dan terpadu.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu.
4. Relevan dengan kebutuhan hidup.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan.
6. Belajar sepanjang hayat.
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN
A. VISI DAN INDIKATOR
  1. Visi :
Ø  Menjadikan siswa kelas VI  sebagai siswa yang
berprestasi berdasrkan imtaq

  2. Indikator Visi :
Ø  Unggul dalam perolehan UAS.
Ø  Unggul dalam persaingan melanjutkan ke SLTP Negeri.
Ø  Unggul dalam disiplin.
Ø  Unggul dalam aktivitas keagamaan.

B. MISI
            Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif bagi siswa sesuai potensi
masing-masing.
Ø  Melaksanakan belajar tambahan di sore hari.
Ø  Menerapkan pembelajaran PAKEM.
Ø  Meningkatkan keprofesionalan guru melalui berbagai pelatihan / pendidikan.
Ø  Melaksanakan ekstrkurikuler di bidang olah raga seni dan pramuka.
Ø  Meningkatkan disiplin warga sekolah.
Ø  Menanamkan sikap taat dan patuh terhadap ajaran agama.

C. TUJUAN DAN SASARAN
  1. Tujuan :
Ø  Rata-rata nilai UAS mencapai minimal 7,5.
Ø  Jumlah lulusan yang melanjutkan ke SMP 45%.
Ø  Pelanggaran disiplin siswa paling tinggi 0,5%.
2. Sasaran :
Ø  Rata-rata nilai UN minimal mencapai 6,00
Ø  Jumlah lulusan yang melanjutkan ke SLTP Negeri minimal 25%.
Ø  Pelanggaran disiplin siswa paling tinggi 2%.
Ø  Memiliki kelompok kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al Qur’an yang secara teratur mengadakan latihan baca tulis Al Qur’an.
Ø   
D. UPAYA MENCAPAI TUJUAN
1. Peningkatan Iman dan Taqwa.
            Kegiatan untuk meningkatkan iman dan taqwa dilaksanakan secara terprogram dengan melibatkan seluruh siswa dan guru. Kegiatan memerlukan persiapan yang matang dan dana memadai. Kegiatan ini bukan hanya kegiatan ceremonial atau rutin saja, melainkan dilaksanakan secara benar, bertanggung jawab dan monitoring yang tepat.
Usaha yang dilakukan antara lain :
1.      Meningkatkan kualitas pengembangan diri, belajar Iqro’, seni baca Al Qur’an.
2.      Membaca Al Qur’an berupa ayat pendek.
3.      Mengadakan pembacaan surat Yassin bersama setiap jum’at pagi.
4.   Mengadakan shalat Zuhur berjamaah.
2.Peningkatan Mutu Akademik.
            Usaha peningkatan mutu akademik merupakan usaha yang harus dilaksanakan secara simultan. Kegiatan ini hendaknya mendapat dukungan dari semua komponen sekolah. Usaha peningkatan mutu ini bukan hanya untuk meningkatkan nilai ujian nasional juga meningkatkan nilai ujian sekolah, karena keduanya saling mendukung dan saling mempengaruhi.
Usaha yang dilaksanakan adalah :
1.      Meningkatkan kualitas pembelajaran.
2.      Meningkatkan disiplin, efisiensi dan efektifitas kegiatan pembelajaran.
3.      Melaksanakan kegiatan jam tambahan di sore hari.
4.      Melaksanakan uji coba ujian nasional.
5.      melaksanakan simulasi ujian nasional.
6.      Memsaukkan pelajaran tertentu ke dalam kegiatan pengembangan diri.
  3.Peningkatan di bidang Non Akademik / Ekstrakurikuler.
     3.1. Peningkatan Kemampuan di bidang Seni.
a. Memasukkan pelajaran seni tertentu ke dalam pengembangan diri.
     3.2. Peningkatan Kemampuan di bidang olah raga.
a. Menyelenggarakan latihan olah raga terprogram bola voli, bulu tangkis, tennis meja,
    catur dan lain-lain.
            b. Membuat saran olah raga seperti lapangan bola kaki.
c. Mengadakan kegiatan pertandingan antar kelas.
  4. Peningkatan di bidang Kebersihan dan di bidang Penghijauan.
     Upaya yang dilakukan peningkatan di bidang kebersihan dan di bidang penghijauan
     lingkungan adalah.
a. Menyusun daftar piket kelas maupun umum.
            b. Melaksanakan program penghijauan.
d. Pengadaan pot bunga.
            e. Menyediakan alat-alat kebersihan.
            f. Menyediakan kotak sampah.
            i.  Sebelum pulang siswa diwajibkan membersihkan kelas dan lingkungan.

BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran di Sekolah Dasar.
 1. Pendidikan Agama Islam.
a. Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam
    Al Qur’an, mulai surat Al Fatihah sampai surat Al Alaq.
b. Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman.
c. Berprilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari prilaku tercela.
d. Mengenal dan malaksanakan rukun Islam dari bersuci sampai zakat serta mengetahui
    tata cara pelaksanaan ibadah haji.
e. Menceritakan kisah Nabi-Nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan
    menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan Nabi.
  4. Pendidikan Kewarganegaraan SD
            a. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
            b. Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
            c. Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah.
            d. Memahami hidup tertib dan gotong royong.
            e. Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis.
            f. Menampilkan prilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan
   sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
g. Memahami sistem pemerintahan baik tingkat daerah maupun pusat.
            h. Memahami makna keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan kepatuhan
    terhadap Undang-Undang, peraturan, kebiasaan, adapt istiadat, dan menghargai
    keputusan bersama.
i.  Memhami dan menghargai makna nilai-nilai perjuangan bangsa.
j.  Memahami hubungan Indonesia dengan Negara tetangga dan politik luar negeri.
  5. Bahasa Indonesia SD
     1. Mendengarkan.
Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjik, pesan,
pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya
sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita rakyat.
     2. Berbicara.
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
dalam kegiatan perkenalan, tegur safa, percakapan sederhana, wawancara,
percakapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda di sekitar, memberi
petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama dan puisi.
     3. Membaca.
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk,
teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun,
percakapan, cerita dan drama.
   
 4. Menulis.
Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan
dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog,
formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak
berbentuk cerita, puisi dan pantun.

   6. Matematika SD
a. Memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung, dan sifat-sifatnya
    serta menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
b. Memahami bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsure-unsur dan sifat
    sifatnya serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
c. Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut,
    waktu, kecepatan, debit serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah
    kehidupan sehari-hari.
d. Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya
    dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.                                                             
e. Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar dan
    grafik ( diagram ), mengurutkan data, rentangan data, rata-rata hitung, modus, serta
    menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
f. Memiliki sikap menghargi matematika dan kegunaannya dalam kehidupan.
g. Memiliki kemampuan berfikir logis, kritis, dan kreatif.
  7. Ilmu Pengetahuan Alam SD
a. Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatanny
    secara lisan dan tertulis.
b. Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan
    bagi manusia, upaya pelestariannya dan interaksi antara makhluk hidup dengan
    lingkungannya.
c. Memahami bagian-bagian tubuh pada manuasia, hewan dan tumbuhan serta
    fungsinya dan perubahan pada makhluk hidup.
d. Memahami beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunannya, perubahan
    wujud benda, dan kegunaannya.
e. Memahami berbagai bentuk energi, perubahannya dan kegunaannya.
f. Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan
   bum dan hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia.
  8. Ilmu Pengetahuan Sosial SD
a. Memahami identifikasi diri dan keluarga serta mewujudkan sikap saling menghormati
    dalam kemajemukan keluarga.
b. Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan
    tetangga serta kerja sama diantara keduanya.
c. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan
    kabupaten / kota dan provinsi.
d. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di
    lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
e. Memghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku
    bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
f.  Menghargai peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan mempertahankan
    kemerdekaan Indonesia.
g. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan social negaradi Asia Tenggara
    serta benua-benua.
h. Mengenal gejala alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga serta dapat
    melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam.
i.  Memahami peranan Indonesia di era globalisasi.
  9. Seni Budaya dan Ketrampilan SD
     1. Seni Rupa.
a. Mengapresiasikan dan mengekspresikan keartistikan karya rupa terapan melalui
    gambar ilustrasi dengan tema benda alam yang ada di daerah setempat.
 b. Mengapresiasikan dan mengekspresikan keartistikan karya rupa murni melalui
     pembuatan relief dari bahan plastisin / tanah liat yang ada di daerah setempat.
 c. Mengapresiasikan dan mengekspresikan keartistikan karya rupa Nusantara dengan
     motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi bertema hewan, manusia dari
     kehidupannya serta motif hias dengan tekhnik batik.
     2. Seni Tari.
a. Mengapresiasikan dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan
    symbol dan keunikan gerak, busana dan perlengkapan tari daerah setempat.
b. Mengapresiasikan dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan
    symbol dan keunikan gerak, busana dan perlengkapan tari Nusantara.
      3. Ketrampilan.
 a. Mengekspresikan dan membuat karya kerajinan daerah setempat dengan tekhnik
     konstruksi.
 b. Mengekspresikan dan membuat karya kerajinan dan benda permainan dengan
     tekhnik meronce dan makramé.
 c. Mengekspresikan dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan
     berbagai bahan.
 d. Mengekspresikan dan membuat karya benda mainan dengan menggunakan
     berbagai bahan.
  10. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD
a. Mempraktekkan gerak dasar lari, lompat dan jalan dalam permainan sederhana serta
    nilai-nilai dasar sportivitas kejujuran, kerjasama dan lain-lain.
b. Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam pagi, SKJ, dan aerobic.
c. Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti ketangkasan dengan dan tanpa alat serta
    senam lantai.
d. Mempraktekkan gerak dasar renang dalam berbagai gaya serta nilai-nilai yang
    terkandung di dalamnya.
e. Mempraktekkan latihan kebugaran dalam bentuk meningkatkan daya tahan kekuatan
    otot, kelenturan serta koordinasi otot.

f. Mempraktekkan berbagai ketrampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di luar
   sekolah seperti perkemahan, piknik dll.
g. Memahami budaya hidup sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan
    lingkungan, mengenal makanan sehat, mengenal berbagai penyakit dan
    pencegahannya serta menghindarkan diri dari narkoba.

B. Struktur Kurikulum 
Struktur kurikulum SD/MI meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai dengan kelas VI. Struktur Kurikulum SD/MI disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Kurikulum SD/MI memuat 8 mata pelajaran, muatan local dan pengembangan diri seperti tertera pada tabel 2.
            Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansu muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
            Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
            Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
            b. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SD/MI merupakan ‘ IPA ‘ terpadu dan ‘ IPS ‘ terpadu.
            c. Pembelajaran pada kelas IV s.d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
            d. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran di alokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan manambah maksimum 4 jam pembelajaran perminggu secara keseluruhan.
            e. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
            f.  Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran dua semester adalah 34 – 38 minggu.

TABEL ALOKASI WAKTU TIAP MATA PELAJARAN
No
Komponen
Alokasi waktu
A
Mata pelajaran
Kelas VI
1
Pendidikan Agama Islam
3
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
3
Bahasa Indonesia
6
4
Matematika
6
5
Ilmu Pengetahuan Alam
4
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
3
7
Seni Budaya dan Ketrampilan
3
8
Pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan
3
B
Mulok


Kecakapan hidup
2

Bahasa Inggris
2

JUMLAH
34

2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran.
Khusus struktur kurikulum pengembangan diri, meliputi ragam kegiatan :
            1. Kegiatan Pembiasaan, yang terdiri dari :
               a. Kegiatan rutin.
               b. Kegiatan spontan.
               c. Kegiatan teladan.
               d. Kegiatan terprogram.
            2. Ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa, terdiri dari :
               a. Pramuka.
               b. Kesenian daerah ( tari daerah, lagu daerah )
               c. Olahraga Prestasi.

C. Muatan Kurikulum.
  1. Mata Pelajaran.
     a. Pendidikan Agama Islam.
         PAI bertujuan untuk :
¨      Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan serta pengalaman peserta didik tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketqwaannya kepada Alllah SWT.
¨      Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu menusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi, menjadi keharmonisan secara personal dan social serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
 b. Pendidikan Kewarganegaraan.
         Mata pelajaran PKn bertujuan :
¨      Berfikir secara kritis, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
¨      Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertundak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta anti korupsi.
¨      Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
¨      Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
     c. Bahasa Indonesia
         Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan :
¨      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik lisan maupun tulisan.
¨      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara.
¨      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan social.
¨      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
¨      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperluas budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
¨      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual.
     d. Matematika.
        Mata pelajaran matematika bertujuan :
¨      Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau agoritma secara lues, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah.
¨      Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
¨      Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
¨      Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
¨      Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika serta sikap ulet dan percaya diri.
     e. IPA
        Mata pelajaran IPA bertujuan :
¨      Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan dalam ciptaan-Nya.
¨      Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
¨      Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, tekhnologi dan masyarakat.
¨      Mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
¨      Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
¨      Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
¨      Memperoleh bekal pengetahuan konsep dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP
     f. IPS
       Mata pelajaran IPS bertujuan :
¨      Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
¨      Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah dan ketrampilan dalam kehidupan sehari-hari.
¨      Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
¨      Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional dan global.
     g. Seni Budaya dan Ketrampilan.
        Mata pelajaran SBK bertujuan :
¨      Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan ketrampilan.
¨      Menampilkan sikap apresiasi terhadap SBK.
¨      Menampilkan kreativitas melalui SBK.

  2. Muatan Lokal.    
     a. Kecakapan hidup.
        Tujuannya :
a.       Dapat memilih jenis bibit yang unggul.
b.      Dapat menyemai bibit karet.
c.       Dapat melakukan okulasi bibit.
d.      Dapat menyiapkan lahan perkebunan.
e.       Dapat menanam karet.
f.       Dapat melakukan perawatan karet.
g.      Dapat menyadap karet.
h.      Dapat memsarkan hasil karet.
     b. Bahasa Inggris
       Tujuannya :
            1. Mendengarkan.
                Memahami instruksi, informasi, dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara
    lisan dalam konteks kelas, sekolah dan lingkungan sekitar.
            2. Berbicara.
    Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional
    sangat sederhana dalam bentuk instruksi dalam konteks kelas, sekolah dan lingkungan
     sekitar.
            3. Membaca.
    Membaca nyaring dan memahami makna dalam instruksi, informasi, teks fungsional
    pendek, dan teks diskripsi bergambar sangat sederhana yang disampaikan secara
    tertulis dalam konteks kelas, sekolah dan linkungan sekitar.
            4. Menulis.
                Menulis kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ejaan
                dan t            anda baca yang tepat.
  3. Pengembangan Diri.
      Meliputi beragam kegiatan pengembangan potensi diri siswa dan ekstrakurikuler sesuai
      dengan minat dan bakat siswa yang terdiri dari :
        a. Kegiatan Pengembangan potensi diri siswa bertujuan :
¨      Mengembangkan minat dan bakat sesuai dengan potensi diri siswa.
        b. Kegiatan Ekstrakurikuler :
          Pramuka bertujuan :
¨      Menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, ketrampilan dan pangalaman.
¨      Memupuk dan mengembangkan cinta dan setia kepada tanah air dan bangsa.

¨      Memupuk dan mengembangkan rasa persatuan dan kebangsaan.
¨      Memupuk dan mengembangkan persaudaraan dan persahabatan baik nasional maupun internasional.
¨      Menumbuhkembangkan rasa percaya diri sikap dan prilaku yang kreatif dan inofatif tanggung jawab dan disiplin.
¨      Menumbuhkembangkan jiwa dan sikap kewirausahaan.
¨      Memupuk dan mengembangkan kepemimpinan.
¨      Membina dan melatih jasmani, panca indera, daya fikir, penelitian dan kemandirian.
  4. Pengaturan Beban Belajar.
      Beban belajar yang digunakan adalah sistem paket sebagaimana tertera dalam struktur
      kurikulum, yaitu :
Kelas
Satu jam pembelajaran tatap muka / menit
Jumlah jam pembelajaran per-minggu
Minggu efektif per-tahun ajaran
Waktu pembelajaran / jam per-tahun
VI
35 menit
36
36
1296

 5. Ketuntasan Belajar.
No
Mata pelajaran
KKM  
Semester I 
Kelas VI
Semester II 
Kelas VI
1
Pendidikan Agama Islam
60
61
2
Pendidikan Kewarganegaraan
52
55
3
Bahasa Indonesia
50
55
4
Matematika
48
53
5
Ilmu Pengetahuan Alam
53
56
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
48
51
7
Seni Budaya dan Ketrampilan
50
52
8
Pendidikan Jasmani,  Olahraga dan Kesehatan
56
58
9
Muatan Lokal : B. Inggris
55
60
10
Muatan Lokal : K. Daerah
65
70

  6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan.
     a. Kenaikan Kelas.
       Siswa yang dinyatakan naik kelas apabila memenuhi persyaratan, yaitu :
ü  Jumlah mata pelajaran yang belum tuntas tidak boleh melebihi dari 25% dari jumlah mata pelajaran yang diajarkan di kelas masing-masing.
ü  Memiliki nilai baik pada aspek kepribadian.
ü  Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester pada kelas yang di ikuti.

     b. Kelulusan.
        Siswa yang dinyatakan lulus apabila memenuhi persyaratan, yaitu :
ü  Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester.
ü  Memperoleh nilai baik untuk seluruh kelompok Mata Pelajaran, Agama dan Akhlak mulia.
ü  Lulus Ujian Akhir Sekolah ( UAS )
ü  Lulus Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional( UASBN ) sesuai dengan peraturan Pendidikan Nasional yang berlaku.
CATATAN :
            Sekolah dapat menetapkan Kriteria Kenaikan Kelas dengan jumlah mata pelajaran yang belum tuntas lebih dari 25% atau kurang dari 25% atas pertimbangan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar