37. Mata
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari
perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin
dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini
dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar,
analisis, teori peluang dan matematika diskrit.
Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan
penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada
semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik
dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif,
serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik
dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi
untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan
kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika
dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan
kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan
kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan
ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam
pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal,
masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara
penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu
dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika,
menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika
hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan
masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai
konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah
diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer,
alat peraga, atau media lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Memahami
konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan
konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam
pemecahan masalah
2.
Menggunakan
penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3.
Memecahkan
masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika,
menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4.
Mengomunikasikan
gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas
keadaan atau masalah
5.
Memiliki
sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin
tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan
percaya diri dalam pemecahan masalah.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika
pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Bilangan
2.
Geometri dan pengukuran
3. Pengolahan data.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20
|
1.1 Membilang banyak benda
1.2 Mengurutkan banyak benda
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan sampai 20
|
Geometri
dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
|
2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui
kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
waktu dan panjang
|
3. Mengenal beberapa bangun ruang
|
3.1 Mengelompokkan berbagai bangun ruang
sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)
3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang yang
sejenis menurut besarnya
|
Kelas I,
Semester 2
Standar kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
|
4.1 Membilang banyak benda
4.2 Mengurutkan banyak benda
4.3 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan dua angka
4.5 Menggunakan sifat operasi pertukaran dan
pengelompokan
4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
|
Geometri
dan Pengukuran
5. Menggunakan pengukuran berat
|
5.1 Membandingkan
berat benda (ringan, berat)
5.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
berat benda
|
6. Mengenal bangun datar sederhana
|
6.1 Mengenal segitiga, segi empat, dan
lingkaran
6.2 Mengelompokkan bangun datar menurut
bentuknya
|
Standar kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 500
|
1.1 Membandingkan bilangan sampai 500
1.2 Mengurutkan bilangan sampai 500
1.3 Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan,
dan satuan
1.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 500
|
Geometri dan
Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan
berat dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan
jam
2.2 Menggunakan alat ukur panjang tidak baku
dan baku (cm, m) yang sering digunakan
2.3 Menggunakan alat ukur berat
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
berat benda
|
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan
sampai dua angka
|
3.1 Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
3.2 Melakukan pembagian bilangan dua angka
3.3 Melakukan operasi hitung campuran
|
Geometri
dan Pengukuran
4. Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana
|
4.1 Mengelompokkan bangun datar
4.2 Mengenal sisi-sisi bangun datar
4.3 Mengenal sudut-sudut bangun datar
|
Kelas III,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
|
1.1 Menentukan letak bilangan pada garis
bilangan
1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan
tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
1.5 Memecahkan masalah perhitungan termasuk
yang berkaitan dengan uang
|
Geometri
dan Pengukuran
2. Menggunakan
pengu-kuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
|
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya
(meteran, timbangan, atau jam)
2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan
masalah
2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar
satuan panjang, dan antar satuan berat
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
3. Memahami pecahan sederhana dan penggu-naannya
dalam pemecahan masalah
|
3.1 Mengenal
pecahan sederhana
3.2 Membandingkan pecahan sederhana
3.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
pecahan sederhana
|
Geometri
dan Pengukuran
4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar
sederhana
|
4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana
menurut sifat atau unsurnya
4.2 Mengidentikasi berbagai jenis dan besar
sudut
|
5. Menghitung keliling, luas persegi dan
persegi panjang, serta penggunaannya
dalam pemecahan masalah
|
5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi
panjang
5.2 Menghitung luas persegi dan persegi panjang
5.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling, luas persegi dan persegi panjang
|
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
1. Memahami dan menggu-nakan sifat-sifat
operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
1.2 Mengurutkan bilangan
1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
1.5 Melakukan penaksiran dan pembulatan
1.6 Memecahkan masalah yang melibatkan uang
|
2. Memahami dan menggu-nakan faktor dan keli-patan
dalam pemecahan masalah
|
2.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
2.2 Menentukan kelipatan dan faktor bilangan
2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil
(KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
KPK dan FPB
|
Geometri dan Pengukuran
3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan
berat dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak
baku dan satuan derajat
3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan berat
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
satuan waktu, panjang dan berat
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
satuan kuantitas
|
4. Menggunakan
konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang
dan segitiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan
bulat
|
5.1 Mengurutkan bilangan bulat
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat
5.3 Mengurangkan bilangan bulat
5.3 Melakukan operasi hitung campuran
|
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
6.2 Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
6.3 Menjumlahkan pecahan
6.4 Mengurangkan pecahan
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pecahan
|
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
|
7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi
7.2 Menyatakan
bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya
|
Geometri dan Pengukuran
8. Memahami sifat
bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar
|
8.1 Menentukan
sifat-sifat bangun ruang sederhana
8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan bangun
datar simetris
8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun
datar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan
KPK dan FPB
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan
bulat
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi hitung, KPK dan FPB
|
Geometri
dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak,
dan kecepatan dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi
24 jam
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
2.3 Melakukan pengukuran sudut
2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
waktu, jarak, dan kecepatan
|
3. Menghitung luas bangun datar
sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menghitung luas trapesium dan layang-layang
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas bangun datar
|
4. Menghitung volume kubus dan balok dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menghitung volume kubus dan balok
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
volume kubus dan balok
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan
desimal serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk
pecahan
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah
perbandingan dan skala
|
Geometri
dan Pengukuran
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan
antar bangun
|
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun
ruang sederhana
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan
simetri
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
bangun datar dan bangun ruang sederhana
|
Kelas VI,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dalam pemecahan masalah
|
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan
kubik
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
|
Geometri
dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam
pemecahan masalah
|
2.1 Mengenal satuan debit
2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
satuan debit
|
3. Menghitung luas segi banyak sederhana,
luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
|
3.1 Menghitung
luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
3.2 Menghitung
luas lingkaran
3.3 Menghitung
volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
|
Pengolahan
Data
4. Mengumpulkan dan mengolah data
|
4.1 Mengumpulkan dan membaca data
4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk
tabel
4.3 Menafsirkan sajian data
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam
pemecahan masalah
|
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
5.2 Mengubah
bentuk pecahan ke bentuk desimal
5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu
bilangan atau kuantitas tertentu
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan
berbagai bentuk pecahan
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala
|
Geometri
dan Pengukuran
6. Menggunakan sistem koordinat dalam
pemecahan masalah
|
6.1 Membuat denah letak benda
6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda
6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem
koordinat Kartesius
|
Pengolahan
Data
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
data
|
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram
gambar, batang dan lingkaran
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus
sekumpulan data
7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai
tertinggi dan terendah
7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi
arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar