A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
1.BAHASA INDONESIA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Membaca
Membaca
berbagai teks
nonsastra
berupa teks
sederhana,
laporan,
pengumuman,
petunjuk
pemakaian,
ringkasan,
makna
kata, dan rubrik
khusus,
serta berbagai karya
sastra
berupa puisi,
dongeng,
cerita anak, dan
drama
anak.
|
Disajikan
teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
• menjawab
pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa,
bagaimana,
atau mengapa)
• membuat
kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf
•
menentukan ide pokok salah satu paragraf
•
menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
|
Disajikan
petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan
penggunaan
obat sesuai dengan tingkatan umur.
|
||
Disajikan
petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak,
siswa
dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
|
||
Disajikan
rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat
menentukan
kalimat saran dengan tepat.
|
||
Disajikan cuplikan
pengumuman, siswa dapat menentukan
isinya.
|
||
Disajikan
teks drama, siswa dapat:
•
menentukan tokoh utama
•
menentukan latar
•
menentukan amanatnya.
|
||
Disajikan
paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat
menentukan
kalimat utamanya.
|
||
Disajikan
teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
||
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat:
• menyusun
pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
•
mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
•
Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam
paragraf.
|
||
Siswa
dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi
yang
disajikan.
|
||
Siswa
dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang
disajikan.
|
||
Disajikan
pantun, siswa dapat menentukan pesan yang
terkandung
di dalamnya.
|
||
Disajikan
dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya
|
||
Disajikan
jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai
jurusan,
siswa dapat:
• membuat
pernyataan sesuai dengan isi jadwal
•
menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan tujuan
|
||
Disajikan
puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang
terkandung
di dalamnya.
|
||
Disajikan
cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
||
Disajikan
cuplikan laporan, siswa dapat:
•
menentukan isinya
•
memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
|
||
Disajikan
percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat
menentukan
topiknya.
|
||
Disajikan
teks satu paragraf, siswa dapat:
•
menentukan ringkasannya
•
menentukan temanya
•
menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan
teks puisi pendek, siswa dapat:
•
menentukan pernyataan sesuai dengan isi puisi
•
menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
|
||
2
|
Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi
dalam
bentuk karangan
sederhana,
petunjuk
pemakaian,
surat,
pengumuman,
dialog,
formulir,
teks pidato,
laporan,
dan ringkasan
dengan
menggunakan ejaan
dan
pilihan kata yang tepat;
menulis
berbagai karya
sastra
untuk anak berbentuk
cerita,
puisi, parafrase, dan
menulis
|
Disajikan
petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga
menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
|
•
Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa
dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf
yang padu.
•
Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan
dengan kata hubung yang tepat.
•
Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan
kata hubung yang tepat penulisan.
|
||
Disajikan
surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap,
siswa
dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
|
||
Siswa
dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang
disajikan.
|
||
Disajikan
cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan pilihan
kata yang tepat.
|
||
Disajikan
dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan
formulir dan ilustasi, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan
ilustrasi yang disajikan.
|
||
Disajikan
teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
•
melengkapi dengan kalimat ajakan yang tepat
•
memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
|
||
Disajikan
surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat
memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
|
||
Disajikan
cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah.
|
||
Disajikan
laporan yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang
tepat.
|
||
Disajikan
sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang
tepat.
|
||
Disajikan
gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan
maksud gambar.
|
||
Disajikan
paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
2.MATEMATIKA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Memahami
konsep dan operasi
hitung
bilangan bulat serta dapat
menggunakannya
dalam kehidupan
sehari-hari
|
Siswa
dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah
|
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran
bilangan cacah
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat
|
||
Memahami
konsep dan operasi
hitung
bilangan pecahan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan pecahan
|
|
Siswa dapat
menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk
pecahan
|
||
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau
perbandingan
|
||
Siswa
dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau
sebaliknya
|
||
Memahami
dan menggunakan
faktor dan
kelipatan dalam
pemecahan
masalah
|
Siswa
dapat menentukan KPK atau FPB dari dua bilangan dalam bentuk faktorisasinya
|
|
Siswa
dapat menentukan FPB atau KPK dari tiga buah bilangan dua-angka
|
||
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK
|
||
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB
|
||
Memahami
konsep dan operasi
hitung
bilangan berpangkat dan
penarikan
akar pangkat 2 atau 3
|
Siswa
dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan
pangkat dua
|
|
Siswa
dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan
pangkat tiga
|
||
Siswa
dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga
|
||
2
|
Memahami
konsep ukuran waktu,
panjang, berat, panjang, luas, debit, volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan satuan waktu atau satuan
panjang yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
|
Siswa
dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau
satuan volume.
|
||
Siswa
dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan satuan berat atau
satuan luas.
|
||
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak,
kecepatan, dan waktu.
|
||
3
|
Memahami
konsep, sifat dan unsurunsur bangun datar, serta hubungan antar bangun, dan
dapat
menggunakannya
dalam pemecahan masalah
|
Siswa
dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang
disajikan atau sebaliknya
|
Siswa
dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang
disajikan.
|
||
Siswa
dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan (titik
sudut, sisi, atau rusuk).
|
||
Siswa
dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa
gambar yang disajikan.
|
||
Siswa
dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang.
|
||
Memahami
konsep luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Disajikan
gambar bangun datar dengan ukuran yang
ditentukan
siswa dapat menghitung luasnya.
|
|
Siswa
dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari
dua
bangun datar sederhana.
|
||
Siswa
dapat menentukan luas bagian lingkaran (missal setengah lingkaran).
|
||
Memahami
konsep volume bangun
ruang
sederhana dan
menggunakannya
dalam pemecahan
masalah
|
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume kubus atau
balok.
|
|
Siswa
dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui.
|
||
Siswa
dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya
diketahui.
|
||
4
|
Memahami
konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah
|
Diberikan
beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah
satu titik.
|
5
|
Mamahami
konsep pengumpulan
dan
penyajian data serta
menerapkannya
dalam pemecahan
masalah
|
Siswa
dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan
(terbanyak, terendah selisih).
|
Siswa
dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan (data dari
persentase atau besar sudut tertentu).
|
||
Siswa
dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
|
||
Siswa
dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk
diagram batang atau lingkaran.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan data
|
Siswa
dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6
– 10 data).
|
|
Siswa
dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel (banyak data
kurang dari 20 data).
|
||
Siswa
dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang.
|
||
Siswa
dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan.
|
||
Siswa
dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal
cerita.
|
||
Siswa
dapat menentukan selisih nilai tertinggi dan terendah dari data yang
disajikan.
|
3.ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Memahami
ciri-ciri dan
penggolongan
hewan dan tumbuhan,
manfaat
tumbuhan dan hewan bagi
manusia,
serta upaya pelestariannya.
|
Siswa
dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu
|
Disajikan
contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan
dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
|
||
Siswa
dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan
|
||
Siswa
dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan
|
||
2
|
Memahami
perkembangbiakan
hewan dan
tumbuhan serta daur
hidup hewan
|
Disajikan
gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
|
Siswa
dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
|
||
3
|
Memahami
saling ketergantungan
antarmakhluk
hidup
|
Siswa
dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis
simbiosis)
|
Siswa
dapat menentukan rantai makanan/peran makhluk hidup dalam komunitas/ekosistem
tertentu
|
||
Siswa
dapat menentukan peran/manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup di sekitarnya.
|
||
4
|
Memahami
penyesuaian diri pada
makhluk
hidup serta peranan manusia
dalam
keseimbangan lingkungan
|
Siswa
dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
|
Siswa
dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu
|
||
5
|
Memahami
bagian tubuh manusia,
tumbuhan,
dan hewan, menjelaskan
fungsinya,
serta mampu
mengidentifikasi
kebutuhan tubuh
agar
tumbuh sehat.
|
Siswa
dapat menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan
|
Disajikan
gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa
dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan.
|
||
Disajikan
gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan
enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa
dapat menentukan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia
berdasarkan gambar
|
||
Siswa
dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa
dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
|
||
Siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
|
||
Siswa
dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia
|
||
6
|
Memahami
sifat penyusun benda,
perubahan
bentuk benda dan
kegunaan,
serta pengaruh suhu
terhadap
benda dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan
ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat
yang terjadi
|
Siswa
dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat
menyebutkan bahan dasar benda tertentu
|
||
Disajikan
ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu
terhadap benda pada kegiatan tersebut
|
||
Siswa
dapat menjelaskan perpindahan kalor yang terjadi pada suatu
kegiatan/peristiwa
|
||
7
|
Memahami
hubungan antara gaya,
gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan seharihari.
|
Disajikan
gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
|
Disajikan
pernyataan/gambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah
gerak/bentuk/arah suatu benda
|
||
Disajikan gambar/ilustrasi
suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai
digunakan
|
||
Disajikan
gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
|
||
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan
tersebut
|
||
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi
|
||
Siswa
dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Disajikan
gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/padam
jika salah satu saklar diputus/disambung
|
||
8
|
Mendeskripsikan
berbagai jenis
sumber
daya alam, perubahan yang
terjadi
dalam pengunaannya, serta
dampaknya
bagi kehidupan.
|
Siswa
dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
|
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber
daya alam
|
||
Siswa
dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan
bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
|
||
Siswa
dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak
dapat diperbaharui.
|
||
9
|
Memahami
sistem tata surya bagi
kehidupan.
|
Menentukan
nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
|
Siswa
dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
|
||
Siswa dapat
mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan
terjadinya gerhana matahari/bulan.
|
||
Siswa
dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun hijriah.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar