DASAR KOMPETENSI KEJURUAN DAN KOMPETENSI KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN : MULTI MEDIA (072)
1. Dasar Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Merakit personal computer
|
Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
Melakukan instalasi komponen PC
Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi).
Menyambung periferal menggunakan Software
Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.
|
Melakukan instalasi sistem operasi dasar
|
Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
Melakukan troubleshooting.
|
Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
|
Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
Melaksanakan prosedur K3
Menerapkan konsep lingkungan hidup
Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.
|
2. Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Memahami etimologi multimedia
|
Mendeskripsikan tentang multimedia
Menjelaskan multimedia content production
Menjelaskan multimedia communication.
|
Memahami alir proses produksi produk multimedia
|
Menjelaskan proses pre production multimedia
Menjelaskan proses production multimedia
Menjelaskan proses post production multimedia.
|
Merawat peralatan multimedia
|
Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
Melakukan perawatan peralatan multimedia
Membuat kartu perawatan peralatan multimedia.
|
Mengelola isi halaman web
|
Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency
Memeriksa links dan navigasi
Mengedit informasi sesuai kebutuhan
Menguji dan memastikan perubahan perubahan.
|
Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
|
Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
Mengoperasikan kamera video
Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
Mengoperasikan kamera
Menata kabel-kabel kamera
Mengoperasikan clapper board.
|
Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
|
Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
Membuat sketsa
Menggambar perspektif
Menggambar objek
Menggambar ilustrasi.
|
Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
|
Menjelaskan syarat animasi
Membuat gambar kunci
Mengatur dan melengkapi gambar kunci.
|
Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
|
Mendeskripsikan gambar yang asli
Membuat gambar-gambar asli
Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
Membuat gambar tiga dimensi.
|
Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
|
Mendeskripsikan syarat-syarat animasi
Membuat model warna dan tempat warna.
|
Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
|
Menggunakan software teks multimedia
Mendesain teks multimedia.
|
Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
|
Mengedit gambar digital
Menggunakan software grafik multimedia 2D
Menciptakan design grafik Multimedia 2D
Menampilkan karya seni digital 2D.
|
Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
|
Menggunakan kamera digital
Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia
Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.
|
Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
|
Menjabarkan format audio digital
Menggunakan software audio digital
Merancang audio digital
Membangun track audio digital.
|
Membuat story board aplikasi multimedia
|
Mengidentifikasi kebutuhan
Merencanakan alur isi story board
Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board.
|
Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya.
|
Menjelaskan dasar tata cahaya
Menjelaskan efek cahaya
Menyiapkan operasi lighting
|
Menerapkan efek khusus pada objek produksi
|
Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus
Menginstallasi software efek khusus
Membuat efek khusus pada obyek.
|
Menyusun proposal penawaran
|
Menganalisa syarat-syarat proyek
Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada
Membuat proposal
Membuat pengajuan permohonan tender.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar