Tulisan berjalan

"Selamat Datang di https://tasihat197.blogspot.com/"

5 Mei 2013

Kurikulum 2013 lengkap.

Setiap tahun terjadi perobahan kurikulum. untuk menunjang kelancaran pendidikan di Sekolah Dasar bagi sobat Lavender cs, Pada postingan kali ini saya akan memberikan kurikulum 2013 lengkap.
Langsung saja ke TKP.
ini Kurikulum 2013 lengkapnya.

KOMPETENSI DASAR
Sekolah Dasar (SD)/
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas selesainya penyusunan dokumen Kompetensi Dasar untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah sebagai salah satu perangkat kelengkapan Dokumen Kurikulum 2013. Penyusunan dokumen ini dalam rangka menindaklanjuti program-program prioritas yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2010-2014 dan dalam Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010-2014.
Selain berisi deskripsi Kompetensi Dasar, dokumen ini berisi pula Kompetensi Inti dan Struktur Kurikulum. Dokumen ini juga memuat berbagai tema yang diintegrasikan dari Kompetensi Dasar berbagai mata pelajaran. Kompetensi Dasar dikembangkan dari Kompetensi Inti, sedangkan pengembangan Kompetensi Inti mengacu pada Struktur Kurikulum. Kompetensi Inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai Kompetensi Dasar ke dalam aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus dimiliki peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif. Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas.

Penghargaan dan ucapan terimakasih disampaikan kepada Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Tim Nara Sumber, Tim Pengarah, Tim Internal Kemdikbud, Tim Inti, Tim Teknis, dan Tim Pengembang yang telah meluangkan waktu untuk menulis dan memberikan kontribusi pemikiran yang komprehensif dalam mewujudkan Dokumen Kurikulum 2013 ini. Penghargaan yang sama juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan masukan baik secara tertulis, melalui media elektronik dan cetak, maupun secara lisan guna penyempurnaan Kurikulum 2013.


                                                                 Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan


                                                                 Prof. Dr. Khairil Anwar Notodiputro



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................................i
DAFTAR ISIii
BAB I 1
STRUKTUR KURIKULUM SD/MI...................................................................................1
BAB II 4
ORGANISASI KOMPETENSI DASAR ...........................................................................4
DALAM MATA PELAJARAN...........................................................................................4
BAB III 5
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR.........................................................5
BAB IV 9
PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF....................................................................9
LAMPIRAN 10
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR..........................................................8
Lampiran 1A.........................................................................................................................8
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI....................................................8
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)..............................................8
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR.........................................................20
Lampiran 1B.........................................................................................................................20
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI...............................................20
SEKOLAH DASAR (SD) ...................................................................................................20
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR..........................................................26
Lampiran 1C.........................................................................................................................26
PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI..............................................26
SEKOLAH DASAR (SD)....................................................................................................26
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR..........................................................32
Lampiran 1D.........................................................................................................................32
PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI...................................................32
SEKOLAH DASAR (SD)....................................................................................................32
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR..........................................................39
Lampiran 1E..........................................................................................................................39
PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI................................................39
SEKOLAH DASAR (SD)....................................................................................................39
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR..........................................................45
Lampiran 1F..........................................................................................................................45
PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU DAN BUDI PEKERTI.......................................45
SEKOLAH DASAR (SD).....................................................................................................45
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR..........................................................55
Lampiran 2............................................................................................................................55
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn).............................55
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) .............................................55
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR..........................................................64

Lampiran 3............................................................................................................................64
BAHASA INDONESIA.......................................................................................................64
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)..............................................64
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR..........................................................79
Lampiran 4............................................................................................................................79
MATEMATIKA...................................................................................................................79
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)..............................................79
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR..........................................................95
Lampiran 5............................................................................................................................95
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)................................................................................95
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)..............................................95
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR..........................................................101
Lampiran 6............................................................................................................................101
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)..............................................................................101
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)..............................................101
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR..........................................................107
Lampiran 7............................................................................................................................107
SENI BUDAYA dan PRAKARYA.......................................................................................107
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)..............................................107
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR..........................................................119
Lampiran 8............................................................................................................................119
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PENJASORKES)...........119
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)..............................................119
DAFTAR TEMA DAN ALOKASI WAKTUNYA..............................................................131
Lampiran 9............................................................................................................................131
Lampiran 9 DAFTAR TEMA DAN ALOKASI WAKTUNYA............................................131



BAB I
STRUKTUR KURIKULUM SD/MI
PENGERTIAN
Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap siswa. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian konten dalam sistem belajar yang digunakan
untuk kurikulum yang akan datang adalah sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.
Struktur kurikulum adalah juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan. Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata
pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan.

STRUKTUR KURIKULUM SD/MADRASAH IBTIDAIYAH
Struktur Kurikulum SD/MI adalah sebagai berikut:


Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Kegiatan Ekstra Kurikuler SD/MI antara lain:
- Pramuka (Wajib)
- UKS
- PMR
Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. Integrasi Kompetensi Dasar IPA dan IPS didasarkan pada keterdekatan makna dari konten
Kompetensi Dasar IPA dan IPS dengan konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berlaku untuk kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V dan VI, Kompetensi Dasar IPA dan IPS berdiri sendiri dan kemudian diintegrasikan ke dalam tema-tema yang ada untuk kelas IV, V dan VI.

BEBAN BELAJAR
Beban belajar dinyatakan dalam jam belajar setiap minggu untuk masa belajar selama satu semester. Beban belajar di SD/MI kelas I, II, dan III masing-masing 30, 32, 34 sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI masing-masing 36 jam setiap minggu. Jam belajar SD/MI adalah 35 menit.
Dengan adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta didik perlu latihan untuk mengamati, menanya, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan menghendaki kesabaran guru dalam mendidik peserta didik sehingga mereka menjadi tahu, mampu dan mau belajar dan menerapkan apa yang sudah mereka pelajari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya. Selain itu bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.

Untuk penjelasan lengkapnya dapat sobat Lavender cs download disini (File dalam bentuk pdf)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar