Kurikulum SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik
integratif dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik integratif
merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi
dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.
Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi
sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi
berbagai konsep dasar yang berkaitan. Tema merajut makna berbagai konsep dasar
sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Dengan
demikian pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada peserta didik
seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia.
Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yang dipilih berkenaan
dengan alam dan kehidupan manusia. Untuk kelas I, II, dan III, keduanya
merupakan pemberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa
Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan. Di sinilah Kompetensi Dasar dari IPA dan IPS yang
diorganisasikan ke mata pelajaran lain memiliki peran penting sebagai pengikat
dan pengembang Kompetensi Dasar mata pelajaran lainnya.
Dari sudut pandang psikologis, peserta didik belum mampu berpikir
abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV, V,
dan VI sudah mulai mampu berpikir abstrak. Pandangan psikologi perkembangan dan
Gestalt memberi dasar yang kuat untuk integrasi Kompetensi Dasar yang
diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari sudut pandang
transdisciplinarity maka pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat
tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir selanjutnya.
Berikut ini daftar tema dan alokasi waktu pada pembelajaran
tematik integratif SD di kurikulum 2013
KELAS I
|
||
TEMA
|
WAKTU
|
|
1. Diri
Sendiri
|
4
Minggu
|
|
2. Kegemaranku
|
4
Minggu
|
|
3. Kegiatanku
|
4
Minggu
|
|
4. Keluargaku
|
4
Minggu
|
|
5. Pengalamanku
|
4
Minggu
|
|
6. Lingkungan
Bersih, Sehat, dan Asri
|
4
Minggu
|
|
7. Benda,
Binatang, dan Tanaman di sekitarku
|
4
Minggu
|
|
8. Peristiwa
Alam
|
4
Minggu
|
|
KELAS II
|
||
TEMA
|
WAKTU
|
|
1. Hidup
Rukun
|
4
Minggu
|
|
2. Bermain
di Lingkunganku
|
4
Minggu
|
|
3. Tugasku
Sehari-hari
|
4
Minggu
|
|
4. Aku
dan Sekolahku
|
4
Minggu
|
|
5. Hidup
Bersih dan Sehat
|
4
Minggu
|
|
6. Air,
Bumi, dan Matahari
|
4
Minggu
|
|
7. Merawat
Hewan dan Tumbuhan
|
4
Minggu
|
|
8. Keselamatan
di Rumah dan Perjalanan
|
4
Minggu
|
|
KELAS III
|
||
TEMA
|
WAKTU
|
|
1. Sayangi
Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
|
3
Minggu
|
|
2. Pengalaman
yang Mengesankan
|
3
Minggu
|
|
3. Mengenal
Cuaca dan Musim
|
3
Minggu
|
|
4. Ringan
Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul
|
3
Minggu
|
|
5. Mari
Kita Bermain dan Berolahraga
|
3
Minggu
|
|
6. Indahnya
Persahabatan
|
3
Minggu
|
|
7. Mari
Kita Hemat Energi untuk Masa Depan
|
3 Minggu
|
|
8. Berperilaku
Baik dalam Kehidupan Sehari-hari
|
3
Minggu
|
|
9. Menjaga
Kelestarian Lingkungan
|
3
Minggu
|
|
KELAS IV
|
||
TEMA
|
WAKTU
|
|
1. Indahnya
Kebersamaan
|
3
Minggu
|
|
2. Selalu
Berhemat Energi
|
3
Minggu
|
|
3. Peduli
terhadap Makhluk Hidup
|
3
Minggu
|
|
4. Berbagai
Pekerjaan
|
3
Minggu
|
|
5. Menghargai
Jasa Pahlawan
|
3
Minggu
|
|
6. Indahnya
Negeriku
|
3
Minggu
|
|
7. Cita-citaku
|
3
Minggu
|
|
8. Daerah
Tempat Tinggalku
|
3
Minggu
|
|
9. Makanan
Sehat dan Bergizi
|
3
Minggu
|
|
KELAS V
|
||
TEMA
|
WAKTU
|
|
1. Bermain
dengan Benda-benda di sekitar
|
7
Minggu
|
|
2. Peristiwa
dalam Kehidupan
|
7
Minggu
|
|
3. Hidup
Rukun
|
6
Minggu
|
|
4. Sehat
itu Penting
|
7
Minggu
|
|
5. Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
|
6
Minggu
|
|
KELAS VI
|
||
TEMA
|
WAKTU
|
|
1. Selamatkan
makhluk hidup
|
6 Minggu
|
|
2. Persatuan
dalam perbedaan
|
5 Minggu
|
|
3. Tokoh
dan Penemu
|
6 Minggu
|
|
4. Globalisasi
|
6 Minggu
|
|
5. Wirausaha
|
7 Minggu
|
|
6. Kesehatan
masyarakat
|
8 Minggu
|
Daftar tema dan alokasi waktu di atas didapat dari dokumen draf Kurikulum 2013 . Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt yang mendasari untuk mengintegrasikan kompetensi dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar